Kenapa Teknik Fisika?

12/10/2012

Udah pada tau belom tentang Teknik Fisika? *pernah denger #plaakk.. yah kalem dulu hehe, berhubung gue sendiri mahasiswa Teknik Fisika, maka gue pengen cerita tentang TF dan alasan gue memilih TF #pedenormal hahahaha..

Mendengar kata Teknik Fisika mungkin sekarang masih terlalu asing di kalangan pelajar, namun sebenarnya Teknik Fisika sudah bukan hal baru dalam dunia industri, karena perusahaan-perusahaan khususnya dalam bidang industri justru banyak mencari lulusan teknik fisika yang memiliki kemampuan dasar yang kuat dibandingkan lulusan lain.

renco industrial plant
Renco industrial plant


Hal ini juga yang melatar belakangi gue memilih jurusan Teknik Fisika. Selain itu gue memilih Teknik Fisika karena gue menyukai pelajaran fisika. Lalu kenapa gue tidak memilih Fisika MIPA, karena gue ingin mempelajari fisika yang dapat diterapkan dalam kehidupan, bukan hanya mempelajari rumus-rumus dan hukum-hukum di ilmu fisika. 

 Banyak sih yang tanya ke gue "nanti Teknik Fisika kerjanya kayak gimana?" dulu sih hanya tau kalau TF itu sangat luas dan bisa kerja dimana-mana, dan gue baru tau tentang TF yang bener-bener luas itu setelah ada mata kuliah Pengenalan Teknik Fisika, disini banyak dijelaskan bedanya Teknik Fisika dan Prodi Teknik yang lain.

Gue menangkap kalau TF itu mempelajari semua keteknikan mulai dari kontrol,automasi,instrumentasi dll, nah apa ini yang bikin menganggap orang TF kurang expert? menurut gue ini justru kelebihan dari lulusan TF, mereka mempunyai dasar yang kuat dalam Matematika, Fisika dan kimia. Sehingga mereka memiliki kemampuan yang baik dalam hal pengembangan ilmu dan dapat menyebrang arus dalam dunia pekerjaan.

Dalam mata kuliah PTF gue ada tugas wawancara alumni TF di Indonesia, ada yang narasumbernya bekerja di pertambangan, kontraktor dan ada yang justru membikin perusahaan dibidang microhyidro. Gue sendiri mewawancarai bapak Anas Yusuf, beliau adalah alumni Institut Teknologi Bandung. 

Kelebihan yang spesifik dari lulusan Teknik Fisika menurut bapak Anas Yusuf adalah kemampuannya untuk bekerja dengan sistem yang melibatkan secara simultan banyak aspek fisika dan teknik. Dengan keilmuan dasar yang sangat kuat, alumni Teknik Fisika sangat mudah mengembangkan diri termasuk menyeberang bidang keilmuan. Banyak teknik mapan yang kurang memperhatikan dasar, pada akhirnya ketika teknologi semakin maju mereka tidak mampu mengembangkan diri karena ilmu dasar yang kurang. Teknik Fisika merupakan jembatan MIPA dan Teknik, karena memiliki dasar Fisika dan Matematika yang sangat kuat.

Bapak Anas Yusuf bercerita tentang kelebihan Teknik Fisika yang beliau alami. Beliau sewaktu kuliah mengambil konsentrasi instrumentasi dan kontrol, dan beliau juga belajar banyak mengenai automation di industri dan tentu saja instrumentasinya. Kemudian bapak Anas Yusuf bekerja di Schneider Electric menjadi MT di awal-awal kerja, sehingga memiliki waktu untuk belajar semuanya, dari automation sampai electrical.

Dari technical sampai komersial, dari sana beliau mengerti electrical, dan alhasil bapak Anas Yusuf sekarang menjadi Electrical dan Instrument Engineer yang menghandle dari Electrical distribution sampai automation, bahkan sampai bracket-bracket yang cenderung mechanical engineer.

Beliau juga bercerita bahwa teman-temannya sewaktu kuliah ada yang kerja di konsultan seperti Technip, Saipem, Singgar Mulia. Kebanyakan sebagai instrumen engineer. Ada juga yang bekerja dibidang kontraktor seperti Tripatra, Rekayasa Industri, JGC, kebanyakan sebagai instrumen engineer. 

Walaupun ada juga yang sebagai Bisnis development, kemudian mereka bekerja di Pertamina di pemasaran, Pertamina EP sebagai reservoir engineer maupun surface facility engineer. Di Medco, STAR Energi sebagai Instrumen engineer. Kemudian di Oil Service ada juga yang di baker hughes, Schlumberger, Halliburton.

Total  10 orang teman beliau yang bekerja  di oil service baik sebagai wireline engineer maupun drilling engineer, dari 10 ini ada yang di US, Abu dabi, Angola, Iraq. Ada yang bekerja sebagai Lighting Engineer mendesain tata cahaya untuk building, indoor maupun outdoor. Contoh-contoh tempat kerja teman-teman beliau adalah LEN, BPPT, PNS di kementerian perindustrian, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian perdagangan, Siemens, ABB, Allen bradley, Invensys, Control System. 

Ada juga yang bekerja di perbankan sebagai ODP di BRI, Mandiri, BNI.  20% (36 orang) teman-teman seangkatan beliau sewaktu kuliah juga ada yang bekerja di bidang biomedical, Managemen Energi, Nano teknologi, Material science, Control, Plasma, Fisika Bangunan (lighting dan tata suara), Gelombang  Electromagnetic. Untuk kuliah S2 mereka ada yang di ITB, Belanda TU delft, TU eindhoven, Poland Warsaw, Politeknik Como Italy, Jepang, Korea, Germany, Arab Saudi dan lain-lain. Dari 36 teman beliau itu, ada 8 org yang sedang mengejar Doctor.

Gimana masih bingung dengan  Teknik Fisika? kakak angkatan gue dengan nickname "Ulpeh" pernah bilang "kalau lo masuk Teknik Fisika itu ibarat masuk jurang, cuman semakin ke dalam jurang itu akan semakin indah" entah apaan maksudnya coba terjemahkan sendiri hahahaha.. 

Yak sekian dulu ye tentang alasan kenapa harus Teknik Fisika dari gue, cuman untuk masalah prodi itu masing-masing orang memiliki minat dan bakat sendiri. So, semua itu tergantung lo konsisten nggak dengan pilihan yang lo pilih. *okesip  
Semoga sukses kawan..!!

You Might Also Like

37 Komentar

  1. ebuseeett anak teknik fisika, gue lulusan IPA di SMA aja pas keluar langsung koma 3 bulan.. udeh mabok rumus o_0.. apelagi lo ya dilanjutin lagi ke TF.. hati2 pas lulus langsung ayan haha.. sukses ya :D

    ReplyDelete
  2. @UpiUpil

    hahaha gue masih mending belajar fisika daripada suruh ngapalin Kwn hehe

    ReplyDelete
  3. saya pengen banget masuk teknik fisika. tapi masih minim informasi tentang teknik fisika nya.. kalo menyukai fisika, lebih baik ambil fisika murninya atau terapannya, seperti teknik fisika ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung.. teknik fisika sama fisika mipa beda jauh, kalau fisika murni lebih ke teori dan sebagainya kalau teknik ke penerapan dalam rekayasa gitu.

      mau belajar teori atau penerapan aja gitu :D

      Delete
    2. keunggulan teknik fisika dari pada fisika murni itu karna 'fleksibel' ?
      kalo untuk bisa terjun kelingkungan masyarakat, ambilnya teknik fisika atau fisika murninya? heuheu maaf banyak tanya ka^^

      Delete
    3. emm "teknik" ya otomatis ke rekayasa, instrumentasi dan sebagainya ya pasti nggak jauh dari pengembangan industri, sistem plan dan sebagainya.., kalau Fisika mipa kurang tahu secara detail

      misal teknik fisika IT Telkom, dalam pengabdian masyarakat mencoba mengembangkan sistem biogas di peternakan kuda, dan meminimalisir penggunaan listrik di frezzer di carefour :D

      sok silahkan aja kalau mau tanya2 hehehe..

      Delete
    4. oohh gitu rupanya teknik tuuh heuheu minat tapi masih minim infonya ya gini -_-
      fisika murninya gak tau ya?? basic yang harus dipunyai buat bisa ngejalanin jadi mahasiswa teknik fisika itu apa ka?

      Delete
    5. murni kurang tahu, cuman kalau mau tau tentang fisika murni gue ada temen anak ITS barang kali kamu mau tanya2 sama dia..

      ya fisika,matematika sih pastinya dan minat.. selebihnya bisa belajar..

      Delete
  4. cewe atau cowo temennya ka?
    heemm slalu gitu yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha boleh ka boleh kalo cewe mah :D

      Delete
    2. cari aja di twitter @berlianaRTR udah gue bilangin kok..

      Delete
  5. mau tny nh gan kl lulusan teknik fsika kerjany dsalurin lwt kampus apa cri sendiri,trs seleksinya bsa lwt jlur apa aja?mksh sblmnya.

    ReplyDelete
  6. mau tny nh gan kl lulusan teknik fsika kerjany dsalurin lwt kampus apa cri sendiri,trs seleksinya bsa lwt jlur apa aja?mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau urusan cari kerja setiap jurusan mah sama, biasannya kan ada jobfair di setiap kampus, tetapi kakak kelas saya ada yang belum lulus udah dikontrak sama perusahaan gitu malah dapet beasiswa

      Delete
    2. kk kuliah dmn?? Ad jlur snmptn ny g??

      Delete
    3. saya ambil fisika teknik It telkom yang sekarang jadi telkom university, jakur snmptn itu di negeri yang ada FT cuman ITB, ITS, UGM ada juga universitas nasional cuman kurang tau.

      Delete
  7. permisi mau nanya sekalian curhat haha gue udah keterima di telkom teknik fisika nih kak lewat jalur seleksi rapot, tapi bokap kayak ga setuju gitu gue masuk teknik fisika, dia bilang "nanti mau kerja apa?" "kamu bisa buktiin ga nanti kamu bisa sukses di teknik fisika?" "mendingan sekalian ambil teknik metalurgi yang udah jelas prospeknya atau ga teknik industri" "disitu tetep ada fisikanya kan" damn gue bingung banget, iya sih alasan gue ambil tf karena yaa gue suka fisika dan persis alesannya sama kayak lo kak. tapi lama2 gue juga terpengaruh bener juga di sebagian teknik2 lain kan pasti ada fisikanya juga, aduh kak mohon pencerahannya yaaa sama jawab pertanyaan bokap gue yg tadi kak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoke saya jawab yah. jadi gini kamu masuk teknik fisika juga bisa belajar metalurgi. ibaratnya tf ini jembatan antara teknik dan sains. di TF kamu belajar pelajarannya anak industri, mesin dan sebagainya jadi TF ini luas banget. untuk penjurusan kamu bisa ambil instrumentasi, akustik, material, energi nah instrumentasi sendiri ya berhubungan dengan instrumentasi mulai dari pabrik sampai tambang. akustik ya tentang bunyi gelombang dan seagainya, mau material juga busa, apalagi energi hehehe..

      baca tab tentang teknik disika di blog ini, itu sebagaian makalah saya saat pelajaran Pengenalan Teknik Fisika. Oh ya, teknik industri itu dapet fisika dai tahun pertama aja itu juga fisika seperti SMA, nah kalau di TF tahun ke 2 itu BAB di SMA menjadi mata kuliah hehehe.. jadi yang dulu kita pelajarin soal kalor itu adalah bab di pelajaran fisika tetapi di TF kalor itu mata kuliah tersendiri yaitu TERMODINAMIKA hehehe... pernah denger fluida? nah itu juga ada mata kuliah Mekanika FLuida hehehehe... temen gue yang anak Teknik Industri gue tanya fisika nggak ngerti apa yang gue pelajarin, sedangkan gue ngerti aja mereka belajar apa hehehe :D jadi kesimpulannya teknik fisika itu luas dan dasar ilmunya kuat, mau belajar mesin bisa, listrik bisa, sinyal bisa, robot bisa.. ada SCADA dan PLC juga nah itu anak TF instrumentasi yang megang :))) panjang yaahh :3

      Delete
  8. kak, kalo misalnya pas SMA fisika aku tu remed terus, nanti kalo masuk TF, susah ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada yang nggak mungkin, kalau kamu bisa belajar pasti bisa kok, di teknik fisika nggak belajar fisiks-fisika kayak SMA kok lebih, kita belajar energi, gelombang, dan masih banyak lagi.. asal suka, giat belajar, dan nggak gampang menyerah pasti bisa. :)

      Delete
  9. Gue baru tau lo anak TF git. Gileee angker. Mantap lah!

    ReplyDelete
  10. Ka aku mau nanya dong. Aku seneng banget fisika dan matematik, tapi bingung antara fisika teoritis atau aplikatif. Sebab aku pengen banget jadi peneliti. Kalau misalnya teknik fisika bisa ga ka kita jadi peneliti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga nanti lo jadi orang yang ke riset, sejak di kampus aktif aja ikutan lab riset entah material, energi atau instrumentasi. Ini gue juga mengarah ke riset nantinya, walaupun ingin kerja yang enak haha..

      Peneliti yang lo maksud seperti apa? ngembangin soal energi gitu? atau mengulik sesuatu yang sudah ada? hehe.. cuman bedain antara fisika mipa sama teknik yak. Kalau fisika murni lebih ke dasar, sedangkan teknik lebih ke pengaplikasian walaupun dasarnya juga dapet.

      Delete
  11. Assalamu'alaikum ka. Saya mau tanya, kalo lulusan SMK Pariwisata ada kemungkinan bisa masuk FisTek gak ya ka? dan lulusan tahun 201 masih bisa ikut SBMPTN tahun depan gak ka? Apa masih ada peluang untuk bisa masuk ke ITB jurusan FisTek ka ? Saat ini aku kuliah di Sekolah Penerbangan Swasta jurusan Manajemen Bandar Udara ka. Maaf banyak tanya ya, terima kasih ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry, maksudnya lulusan tahun 2012.

      Delete
    2. waalaikum salam...

      sebelum masuk fisika teknik itb harus lolos snmptn kan atau apa sih sekarang jalurnya? hehe coba aja nanti tahun depan. nah fisika teknik di itb itu masuknya di FTI, jadi datarnya FTI pas tahun ke 2 (semester 3) ada milih jurusan nah baru bisa pilih TF. Kalau di universitas saya telkom itu daftar langsung pilih prodi s1 teknik fisika. dan kalau telkom itu swasta jalurnya banyak, ada yang beasiswa ada yang enggak. karena saya bukan petugas penerimaan mahasiswa baru jadi kurang tahu detilnya seperti apa hehe..

      intinya kalau ada niat, kemauan, usaha, pengorbanan insyaallah bisa. :D

      Delete
  12. Salam kak. Aku tu penasaran, kok kalo snmptn peminatnya teknik fisika cenderung sepi ya kak, kalah banyak sama teknik teknik lain? Padahal dari postnya kakak ini, prospeknya fisika kan bagus. Aku tertarik mau masuk TF tp masih bingung hehe... Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp.. intinya tf belum terlalu dikenal. dan itu justru peluang :D

      Delete
  13. Salam kak, saya sekarang kelas 3 SMA, nah awalnya saya pengen ke nanoteknologi di surya university, tapi belum ada jurusannya sendiri. Nah pilihan saya mw ke TK atau ke TF. Saya udah baca banyak sumber ttg prospek kerja dll, tp msh bingung kak wkwk mungkin bisa kakak jelaskan dgn bhs sehari-hari ? hehe
    Lalu guru les saya bilang TF lebih bagus dari TK, tapi belajarnya juga lebih susah, nah apakah benar kak ? Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TK itu apa? bukan taman kanak kanak kan? wkwk teknik komputer? teknik komputasi? teknik kelautan? bisa diperjelas TK apa maksudnya? heuheu...

      TF itu bisa dibilang luas, belajar mekanik, elektrik, material, energi dll.. jadi pelajaran Fisika pasti dapet tapi bukan cuman gaya dan sebaginya tapi udah masuk suhu, getaran dll yang mengarah ke material juga. Belajar mesin, elektro, material, energi pastinya. Dosen saya di TF ada yang ia expert dibidang nanomaterial, dia sering jadi pembicara di seminar tentang teknologi nano :D

      Delete
  14. Kak, tertarik bgt untuk masuk TF. Kira2 kalau SNMPTN, kita cuma brgantung sma rapot bisa gk ya? Takut nih, soalnya gak ada piagam. Makasih

    ReplyDelete
  15. Kak aku suka fisika walaupun kdg bingung² jg, udh ada niatan masuk teknik fisika ITS dan ngincernya harus lolos snmptn nya. tp kdg suka pesimis lolos ga ya?atau kdg mikirnya nnt sanggup ga ya kuliah jurusan itu, soalnya kdg suka lemot. mohon pencerahannya dong kak.
    Terus, kira2 aku bisa lolos snmptn ga ya, inshaa allah nilai rapot bisa diandelin trus ada sertifikat os nasional kak tp aku dr slh satu kabupaten yg ada di kaltim bkn dr kota besarnya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya dicoba dulu baru tau. pesimis nggak menjawab semuanya. asoy :v

      Delete
  16. Pagi kak. Maaf mau tanya nih.
    Saya masih kelas 10, dan saya pengen banget masuk tf itb. Saya seneng banget sama pelajaran hitungan, yaitu matematika fisika kimia. Tapi saya bingung, selain seneng dgn pel itu, ilmu apalagi yang harus saya punya untuk bisa masuk teknik fisika kak. Mohon jawabannya kak:)

    ReplyDelete

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))