Teknik Fisika Bisa Apa?

2/27/2013


Salam sukses kawan.. oke sekarang saya akan share kelanjutan dari hasil wawancara saya untuk tugas UTS kemaren dengan bapak Anas Yusuf sebagai alumni Teknik fisika dari Institut Teknologi Bandung. Sebelumnya saya sudah share hasil wawancara saya yaitu Kenapa Teknik Fisika? dan Karena Aku Teknik Fisika ! kali ini kelanjutannya, biar pada tambah tahu Teknik Fisika itu seperti apa :)) cheerss....!!!

Foto dari bapak anas (nomer 2 dari kanan)
Hal yang membedakan antara Teknik Fisika dengan Fisika MIPA adalah jika teknik fisika lebih ke arah aplikasi fisika dalam teknik sedangkan fisika MIPA lebih ke arah konsep dasar keilmuan. Mahasiswa Teknik Fisika memiliki dasar-dasar keilmuan yang kuat serta kamampuan dalam bidang teknik untuk menerapkan fisika dalam bidang keteknikan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan di bidang pengembangan dan penerapan sistem industri, terutama di bidang rekayasa instrumentasi.

Pada awal memasuki masa kuliah, mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari ilmu-ilmu dasar antara lain matematika, fisika, kimia dan konsep teknologi. Kemudian pada tahap berikutnya mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari dasar-dasar ilmu rekayasa dari berbagai cabang seperti Fenomena Gelombang, Termodinamika, Elektronika,  Medan Elektromagnetik, Metode Pengukuran,  Sistem Logika Digital, Kontrol Otomatik, Fisika Material.

Apakah ini yang menyebebkan lulusan Teknik Fisika dianggap kurang ahli?
Menurut bapak Anas Yusuf sebagai almuni Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung justru itu adalah kelebihan Teknik Fisika. Dengan mempelajari semuanya bidang, mahasiswa dapat mempemperoleh ilmu yang luas dan dituntun untuk melihat potensi dan minat dirinya sendiri. Kemudian, mereka baru memilih keahlian mana yang akan mereka tekuni dalam 4 semester terakhir.

Keahlian itu meliputi Instrumentasi dan Kontrol, menurut beliau ilmu ini adalah trademark Teknik Fisika di dunia industri, dan lapangan kerjanya juga sangat luas. Bahkan disegala bidang industri manufaktur sekarang ini sangat banyak dibutuhkan lulusan dibidang Instrumentasi dan Kontrol. Dalam bidang keahlian ini mahasiswa akan belajar tentang mechanical dan electrical system sekaligus. Tugas utama seorang instrument and control engineer adalah mengontrol sistem proses industri.

Selain itu juga ada bidang keahlian Laser dan serat optik, seperti yang kita telah kita ketahui bahwa bidang ini banyak digunakan pada saat ini, terlebih serat optik dibidang telekomunikasi. Dipelajari juga aplikasinya untuk komunikasi data, sistem wireless, laser untuk kedokteran dan lain-lainnya. Bidang keahlian lainnya adalah Fisika Bangunan dan Akustika, bidang ini mempelajari tentang kenyamanan termal dan akustik suatu bangunan. Bidang ini akan banyak bekerja sama dengan Arsitektur dalam bidang kerjanya nanti.

Jadi Teknik Fisika itu sangat luas hoho.. makanya kayak jurang, tapi semakin kedalam semakin indah. jangan takut dengan kata-kata FISIKA hehe..

oke sampai disini dulu yak share saya hasil wawancara dengan bapak Anas Yusuf,

Cekap semanten, seeyouu....

You Might Also Like

13 Komentar

  1. Mksieh info_nya kak.... Saya mau nanyak kak "lok mau masuk teknik fisika syarat_nya apa ja, tinggi berpngaruh gak? "

    maksieh sblum_nya mhon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kok :D bukan akademi jadi nggak ada syarat tinggi badan gituan hehe.. syaratnya ya lolos seleksi dan bisa survive dengan pelajarannya aja hehe..

      Hapus
  2. Ahmad Ramdono19 Juli 2013 16.48

    itu yg di poto anak TF 2004 semua tuh.. adik angkatanku semua.. btw kmu ketemu Agung CS (yg paling kanan) juga? bukannya dia lagi di Luar Negeri ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak pak, wawancara cuman lewat email.. sama pak anak di kasih file dokumennya hehehehe :D

      Hapus
  3. kak boleh tanya gak kalau teknik fisika banyak peminatnya seperti ilmu kedokteran tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk minat itu relatif, saya sendiri nggak tertarik sama sekali kedokteran ehehe.. kalau peminat justru lebih ke kampusnya.. jadi TF di masing kampus pasti peminatnya beda hehe.. dan orang2 yang masuk TF itu kebanyakan emang udah tau TF dari awal bukan karena ikut2an ehhe

      Hapus
  4. oow iya ni ka masi bingung soal nanti lanjut kuliah soalnya masi SMA hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kuliah jangan sampau salah haha :D

      Hapus
  5. kak, kalau cewe tuh bisa gak sih masuk fistek,? terus masalah kerja nya apa dibedakan sama yang cowo.
    terimakasih.,

    BalasHapus
  6. susah nggak ya pelajarannya? ntar bakal jadi apa aja? lebih diperpanjang dan dikembangkan dong pembahasannya. saya suka fisika, tapi pas saya liat teknik fisika kok kyaknya pelajarannya membosankan ya?

    BalasHapus
  7. apa peljaran di tekfis ada kesulitan......terus seblum tekfis emangnya kakak ngerti jurusan tekfis itu belajar apa ? a

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung orangnya :D
      ngerti dari browsing tanya sana sini.. dan tanya senior2 yang di Teknik fisika tentunya..

      Hapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))