Amazing Karimun Jawa!

1/23/2013

Indonesia memang indah kawan!
Ini merupakan lanjutkan artikel #INDONESIAKU, yang sebelumnya gue menulis Awesome Wakatobi.  

Tempat liburan yang kece mana sih? *wakatobi! Tempat libuan yang kece dan murah buat anak kost dimana? *Karimun Jawa!! 

Yapp.. bener, karimun jawa, kepulauan yang letaknya diatas pulau jawa tepatnya di kabupaten Jepara Jawa Tengah. Saat ini Karimun Jawa dikembangkan sebagai kawasan wisata.


Setelah mencari referensi tentang cerita dibalik Karimun Jawa, gue mendapat cerita berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Kalau....
Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur/kurang jelas)*bahasa jawa* dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun. 

Karimun Jawa merupakan pulau utama di kepulauan Karimun Jawa, Bagian Tengah pulau Karimun Jawa adalah hutan hujan tropis yang dihuni berbagai hewan seperti rusa dan monyet, bisa tuh kalau mau maen-maen sama kembaran kalaian bahaha... selain itu kalian bisa diving dan snorkeling, Tetapi yang menjadi tempat favorit snorkeling dan diving ada di Pulau Cemara Besar, Pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, dan Pulau Cilik. Karena indonesia terletak di segitiga terumbu karang jadi semua taman lautnya tetep ajib HAHAHA!!

Selain diving dan snorkeling, kalian bisa menyusuri pantai berpasir putih yang lembut di Pulau Cemara Besar, makan siang dengan menu ikan bakar di Pulau Menjangan Kecil, atau menjelajah Pulau Cilik dengan gosong berpasir putih lembut di belakangnya dan kesempatan untuk melihat Elang Dada Putih yang merupakan satwa langka. *gosong?!maksudnya? eitss... Gosong atau gosongan itu istilah untuk daratan pasir tanpa vegetasi apapun. Gosongan ini bisa berada di tengah laut atau ‘menempel’ pada sebuah pulau.






Kalau lu punya nyali lu bisa ke pulau Menjangan Besar,kalian bisa berenang bersama ikan hiu di kolam penangkaran. Woles aja, hiu tidak akan galak kalau tidak terpancing *katanya*. Selain itu, disana terdapat kolam penangkaran penyu dengan puluhan tukik atau anak penyu yang nantinya akan dilepas di lautan bebas. Kalian juga bisa ke pulau Sambangan pulau ini sudah dikelola dengan sangat baik oleh pemiliknya untuk budi daya terumbu karang dan juga ikan kerapu.

nih gue kasih video Trip Karimun Jawa by Gonçalo Silva



Gimana?! Nggak kalah kece dengan Wakatobi kan? Untuk berliburan ke Karimun Jawa lumayan gampang dan murah, kalian tinggal ke semarang atau jepara terus nyebrang dah. Jika kalian berangkat dari Semarang kalian bisa naik KMC Muria atau kalau pengen yang lebih murah kalian bisa berangkat dari semarang memakai KMP Muria cuman waktunya lebih lama.

yaps, gue kira cukup share gue tentang Karimun Jawa, berniat untuk kesana? lumayan murah lo memakai jasa tour dari semarang ke Karimun Jawa mulai dari 400rb kalau nggak salah. Gue sih rencana bakal kesana sama temen-temen gue waktu liburan nanti, lumayan sebelum ke Wakatobi boleh lah ke Karimun Jawa dulu HAHAHA!!

See You on The Next Post

You Might Also Like

11 Komentar

  1. kereeeen, kapan-kapan kita kesana bareng yuk :3

    BalasHapus
  2. untuk anak kos yang tinggal di medan, masa bisa,,,tetap aja mahal -_________-"

    tapi ngga apa2 tambah2 ilmu

    BalasHapus
  3. @Jaka haha mantep juga kancut kesana bareng2 hehe..

    @sabda Bahaha bener juga sih, kalau dari jawa ya lumayan bahahaha

    BalasHapus
  4. Kayaknya enak.

    berapa lama perjalanannya dari Jepara atau Semarang?

    BalasHapus
  5. wah.. bisa jadi pilihan liburan semester depan nih XD
    *langsung kasi tau mama*

    BalasHapus
  6. @Muji Suwarno

    kalau pake KMC mungkin sekitar 2jam.an kalau KMP agak lama 8-9jam, penyebrangan juga 2minggu sekali kalau nggak salah. Cocok untuk backpacer lah hehehe..

    BalasHapus
  7. wah inspirasi buat at kopdar anak-anak KK Semarang nih ---> ke Karimun Jawa.. wahaha, entar bikin envy seisi grup :p

    BalasHapus
  8. sering denger Karimun Jawa tapi belum tau sejarahnya, belum terlalu tertarik untuk jalan-jaln sih. kalo udah bebas dan ada duit, mau jelajahi Indonesia. 8)

    BalasHapus
  9. ajib karimun emang gue saksinya walau tanpa pic hahahaha

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))