Tips memilih jurusan kuliah

2/12/2013

confused
Ah, bingung nih mau jurusan apa, Fisika Teknik, Kimia atau Kedokteran ya... 
Gue suka seni, bingung mau ambil seni rupa apa DKV ya..
Gue suka fisika pengen Fisika Teknik cuman ragu kalau nggak bisa ngikutin

Waks, pasti banyak yang lagi galau bakal pilih kuliah jurusan apa ya? Udah semakin deket SNMPTN jangan pada galau, nih tips singkat dari gue yang mungkin bisa memberi kalian pencerahan, gue sih berharapnya kalian nggak jadi tambah bingung nantinya. hehehehe.. yepp langsung saja nih tips dari Gue..


1. Kenali kelebihan diri sendiri

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui kelebihan diri sendiri, setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda sebagai pemberian Tuhan, misal ada anak yang kuat dalam menghafal dan ada anak yang kuat dalam hitung-menghitung, dan ada anak yang selalu memiliki imajinasi dan ide kreatif. Nah, disini kalian harus mengenali kelebihan dari kalian masing-masing buat pertimbangan bakal kuliah di jurusan apa. *Bay, gue belom tau nih kelebihan gue, gimana?* Terus gali kemempuan kalian untuk mencari kelebihan diri. Kelebihan tanpa dilatih terus menerus juga saia-saia dan tidak akan berkembang.

2. Kenali bakat dan minat kalian


Pasti setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Jadi lihatlah minat dan bakat kalian sendiri-sendiri . Jika kalian udah tau bakat dan minat kalian pasti gampang buat milih kuliah di jurusan apa, misal nih *bay, gue sukanya fisika tetapi nggak terlalu jago gimana dong?* yaelah gue juga gitu kali, yang penting kalau udah minat pasti bakal punya motivasi untuk survive saat kuliah nanti, beda kalau kalian asal pilih jurusan yang nggak sesuai bakat dan minat bisa-bisa kalian nggak ada semangat menjalani har-hari dikampus.

Dan jangan pernah sekali pun mencoba memilih jurusan kuliah karena pacar, teman, sahabat atau bahkan tekanan orang tua. Nah, untuk tekanan orang tua itu harus dipertimbangkan kadang orang tua ada benernya, kalau ternyata emang nggak sejalan ya bicaralah baik-baik dan jelaskan argumen kalian. Eits.. buka mengajarkan untuk membantah orang tua yak. Karena jika kalian salah pilihan yang mungkin tidan sesuai minat dan bakat, kalian akan merasa tidak nyaman saat kalian mengikuti kuliah nanti dan berakibat pada masalah-masalah lain seperti sering bolos, nilai jelek dan stress juga bisa lo..

3. Sering Cari Informasi Tentang Jurusan


Sebelum menetukan bakal memilih jurusan apa, lebih baik kalian cari informasi selengkap – lengkapnya mengenai jurusan tersebut seperti prospek kerjanya setelah lulus seperti apa. Kalian bisa cari informasi ke orang taua kalian, guru, BK sekolah, tempat-tempat bimbel, browsing internet juga bisa. Cari informasi seperti profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tamping jurusan atau lebih akrab dibilang peluang diterima, fasilitas  yang disediakan seperti laboratorium dimana laboratorium sangatlah penting untuk menggali ilmu nantinya, kualitas output atau lulusannya, dan sebagainya. Carilah informasi ke orang yang memang paham atau pun menguasai jurusan yang kalian tanyakan, karena jika tidak kalian justru akan menjadi bingung.

4. Mengetahui Langkah kalian setelah lulus kuliah


Nah ini yang penting, jangan asal pilih jurusan buat kuliah seperti di point 2, banyak yang gengsi untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri cuman bukan di jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Kalian harus tahu nanti setelah lulus mau jadi apa, maksudnya mau kerja sebagai apa dan sebagainya. Lihatlah ke depan setelah kalian lulus nanti, apakah jurusan yang kalian pilih nanti akan mengantar kalian mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik dan sesuai yang kalian cita-citakan. Oleh karena itu, cari informasi tentang jurusan-jurusan yang kalian pilih tersebut

Sekarang banyak lulusan dari jurusan tertentu menganggur, Karena saat ini ntuk mencari kerta tidak hanya melihat ijazah tetapi yang terpenting adalah skill, baik soft skil maupun hardskill dari lulusan perguruan tinggi tersebut. Sehingga perlu juga dijadikan dasar dalam pencarian perguruan tinggi yang mempunyai suasana dan metode perkuliahan yang dapat mendukung upaya peningkatan kompetensi para mahasiswanya. Misalnya kalau mau ambil jurusan Teknik ya larinya ke kampus Tenik, karena Kampus teknik memiliki kelebihan di bidang Keteknikan daripada jurusan Teknik di kampus umum. Tetapi jika kemampuan, kemauan dan keberanian kalian jauh dari orang – orang normal pada umumnya, maka jurusan apa pun yang kalian ambil sah – sah saja a.k.a NEKAT.

5. Menyiapkan beberapa alternatif pilihan

Hal yang juga harus dipertimbangkan yaitu siapkan alternatif pilihan, bukan berarti kalian bisa santai, tetapi alternatif pilihan hanya untuk berjaga-jaga kalau misal hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tetapi pilihlah alternatif yang sesuai dengan bakat dan minat juga

Yaps, segitu dulu tips dari gue, semoga bermanfaat dan bisa mengurangi kegalauan kalian buat memilih kuliah. Ingat jadikan kuliah itu sebagai loncatan untuk sukses, ya meskipun banyak orang yang nggak kuliah juga sukses. hehehehe...


Pic source: http://www.makeitbloom.com

You Might Also Like

15 Komentar

  1. mantab...mantab.... bagus untuk anak KK yang baru nanya tentang tempat jurusan...

    kita memang harus pilih sesuai dengan yang kita suka, tapi ada juga beberapa orang yang pilihannya ga sesai dengan kesukaan, tapi setelah terjun kedalamnya mereka malahan suka dengan jurusannya

    BalasHapus
  2. huehue aku apaya.. DKV pastinya. tapi dimananya itu masih nyari2 =.=
    masalahnya itu nyokap (kayaknya) ngebet binus, tapi disana gada pure art huhu

    anyways, posting-nya sangat informatif! >.< bagus utk orang2 yang sedang bingung kuliah

    BalasHapus
  3. @Gadis Aisya yaudah sih FSRD aja kek gue dulu cuman jadi lebih ke teknik wekekekeke

    BalasHapus
  4. @sabda awal nah itu dia bang pentingnya informasi biar pikiranya kebuka seperti hatinya LOL

    BalasHapus
  5. walau terkadang tuhan berkehendak lain <--- CURHAT... Tapi, terkadang apapun itu, itu yang terbaik. percaya 'Konsep Tuhan' aja... (pengalaman)

    BalasHapus
  6. nice post ka, cocok banget sama aku yang lagi galau milih prodi kuliah --___--

    BalasHapus
  7. eh, gue kan jago tidur sampe siang.. kira-kira masuk kuliah jurusan apa ya? -__-v

    BalasHapus
  8. sesuaikan aja jurusan yg kita suka sama yg ortu juga demen :D
    dan gue berhasil melakukannyaaa... *horee

    BalasHapus
  9. Tambahan
    Konsultasikan ke Orang tua -_-"

    Pengalaman, dilarang ambil DKv gue :(

    BalasHapus
  10. ehehehehehehe..istikhoroh juga yak

    BalasHapus
  11. Sama nih. Aku juga tertarik ke DKV, bang :' Tapi masih galau~
    Jadi sekarang masuk jurusan apa dan di mana? :3

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))