Tips mencari tempat kost

2/10/2013

waks, udah mau musim cari sekolah atau kuliahan yak.. Bagi kalian yang mau kuliah diluar kota asalnya pasti butuh tempat kost nih, kecuali yang bakal tinggal sama saudara atau di asrama, pasti nggak bingung dan tinggal terima apa adanya hahaha.. Nah, berhubung gue udah kost sejak SMA sampai kuliah sekarang, maka gue mau berbagi tips cara mencari kost-kostan yang "Bagus" menurut pengalaman gue, yang bisalu siapin buat cari kostan nantinya.  Jadi nikmatin saja tulisan gue dan terima dengan lapang dada. muahahaha.. Yaks langsung saja nih tips dari pengalaman gue sendiri..

1. Pilih Kostan sendiri

Nah, yang ini penting banget, dimana nyari kost itu nggak seperti lu beli kancut asal sesuai warna, harga, ukuran langsung bayar HAHA!!, urusan cari kost kalian harus tau seluk beluknya, Ukuran, Letak, Fasilitas dan Lingkungan juga jangan lewat karena bakal berimbas kepada kenyamanan dan keamanan lu pada.. Gue waktu kuliah sempet nitip temen buat ngikut di kontrakan kakaknya, waktu gue liat busett.. berantakan dah, tapi wajar kontrakan cowok. Jadi pilih sendiri kostmu layaknya kamu memilih gebetan untuk dijadiin pacar HAHAHA!!  jangan lewat jasa CALO yakkkk!!!!

2. Lebih Awal Lebih baik

Yang ini musti diperhatiin, misal lu udah keterima dimana gitu kalau udah fix mau sekolah atau kuliah disitu cepet-cepet aja cari infonya, hal ini menghindari makin sedikitnya kamar kosong maka pilihan kamu juga bakal sedikit. Kalau tempat sekolah/kuliah nggak jauh dengan daerah asal lu mah langsung aja keliling cari-cari kost langsung, gue dulu waktu mau masuk SMA langsung cari info-info sendiri di daerah deket SMA gue gulu, terus untuk urusan bayar dan lainnya gue sama ebes. *Nah gimana kalau gue kuliahnya di luar provinsi gitu, kan jauh bay? Gampang, harus cerdas dong ya.. Gunain aja internet cari di google pasti ada info-info gitu, Gue waktu mau kuliah di Bandung sebelumnya juga browsing kostan di daerah YPT Bandung dan ketemu deh sama account twitter kostan yang gue tempatin sekarang, wew kostan gue gaul pake twitter juga HAHAHA!!, Nah, nanti lu tinggal datengin tempatnya buat menelusuri lebih lanjut, jadi waktu lu mau cari kostan udah ada gambaran mau kemana dulu kalau nggak cocok ya cari yang lain\\

3. Lihat Lingkungan

Ini yang sangat penting buat referensi cari kost-kostan, Maksudnya lingkungan ya Keadaan kost, Lingkungan disekitar kost, Warga-warga sekitar kost dan Penghuni kostan juga. Lingkungan sekitar cari yang bersih dan sehat, jangan cari kostan di deket tempat pembuangan sampah yak. Penghuni kost juga harus diperhatikan apakah enak diajak ngobrol atau justru songong dan pelajari kebiasaan mereka, buat kamu jaga-jaga misal tetengga kamar ngajakin hal-hal buruk lu bisa antisipasi, perhatiin juga kebiasaanya seperti dia suka dengerin musik kenceng-kenceng kan itu bisa mengganggu konsentrasi lu saat belajar. Warga sekitar juga musti diperhatiin, jangan kost di daerah yang suram dan banyak terjadi pencurian, Ibu atau bapak kost juga yak, carilah ibu atau bapak kost yang enak dan nggak galak.  -.-

4. Letak strategis

Carilah kost yang strategis letaknya, sehingga lu mudah untuk akses kemana gitu. Kalau bisa carilah kost yang deket kampus, toko-toko penting dan kost deket minimarket itu sangat nyaman, biar kalau butuh jajan awal bulan tinggal jalan dikit, selain ngirit juga sehat HAHAHA!!

5. Sinyal dan Koneksi

Anak kost hiburannya kalau akhir bulan gratis ya internetan HAHA!! Maka dari itu cari kost yang sinyal HP lu bagus, biasanya sih kostan bertingkat dan gede itu jelek sinyalnya untung kost gue aman-aman aja hehe.. Untuk koneksi internet lu bisa pake speed test, kalau kost menyediakan wifi atau Port LAN masing-masing kamar sih ya udah nggak perlu pikirin koneksi, btw kostan gue pake LAN dan rencana gue mau beli router hehehe...

6. Fasilitas Kost

Jangan cari kostan mahal tapi fasilitas standart banget. Misal kostan ada fasilitas kamar mandi dalem atau nggak, tempat jemuran (pasti butuh walau sering laundry juga), Parkiran yang luar, ada Port LAN sama port TV nggak, soalnya bakal ribet kalau nggak ada port TV, dimana lu harus pasang antena sendiri kalau pengen bawa TV, dan kamar udah berisi seperti almari, meja dan kasur apa belum. Pikir-pikir dulu apakah sebanding dengan harga.

7. Aturan Kost

Mungkin ada beberapa kost yang memberi peraturan seperti jam malam hanya sampai jam 9 atau 12, atau aturan kost yang nggak ngebolehin lawan jenis masuk kamar HAHAHA!!, aturan untuk pembayaran juga penting, kalau bisa pilih yang bisa perbulan, btw kost gue sewanya pertahun, temen gue ada yang baru 1 semester udah pindah kostan ke kostan tempat gue. untungnya kost gue nyaman
 jadi betah walaupun kadang ibu kost juga bikin jengkel hehe..

8. Cari Temen

Karena kamu hidup di lingkungan baru, maka lebih baik diawal cari temen. Misal lu ada perlu mendadak kan bisa minta tolong temen kost lu, gue saranin sih cari sekostan yang ada satu angkatan sama kakak tingkat lu, temen seangkatan bisa buat sharing tugas, kakak tingkat buat tanya-tanya info daerah sekitar atau juga bisa ngajarin lu kalau ada pelajaran yang nggak ngerti hehehe..

9. Jangan buru-buru deal

Nah udah dapet kostan yang menurut lu "Lumayan" jangan langsung deal, carilah sampai lu menemukan kostan yang "Mantap" Pengalaman nih karena gue pengen cepet-cepet dapet hampir saja gue deal kostan yang ukuran kamar gede, kamar mandi dalem, parkiran luas cuman kabel LAN bergelantungan dimana-mana tidak enak dipandang mata, nah gue langsung telfon kostan hasil gue browsing di internet buat dikasih tau jalannya eh setelah gue sampai lihat design bangunannya keren, tempatnya dingin dan bersih, ada post LAN sama antena TV dimasing-masing dinding kamar, kamar cukup luas, kamar mandi dalem sama parkiran juga cukup dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi carilah banyak referensi untuk menemukan kostan yang ideal buat lu

Yaks, udahan tips dari gue, referensi juga beberapa dari blognya alit, karena doi juga pengalaman banget hidup jadi anak kost. See you on the next post!!


referensi http://www.shitlicious.com/2012/06/tips-nyari-kost-buat-mahasiswa-baru.html

You Might Also Like

14 Komentar

  1. Ironi, pengen ngakak. Tapi ga boleh ngakak diatas penderitaan anak kos XD

    BalasHapus
  2. @Imam Anshori wkwkwk anak kost itu perlu dikasihani

    BalasHapus
  3. ane mantan anak kos, ini mau ngekos lagi...

    wah, dapet tips dari senior kost nih...

    jadi anak kost itu asyk loh, bebas sebebas bebasnya , tapi bisa nyungsep kalo akhir bulan

    BalasHapus
  4. @sabda awal wak bebas ngelakuin apa2 yak bray? hahaha..

    BalasHapus
  5. Sebagai anak kost gue juga turut prihatin dengan prilaku anak kost jaman sekarang, sukanya di pake mesum... sebenernya itukan nggak boleh, ngelanggar aturan kost.
    Pertama, lu udah bawa cewek masuk kekost cowok, kedua, lu ngajak cewek elu tapi nggak ngajak bapak kost sekalain. :P ha ha ha
    nice post

    BalasHapus
  6. @Umar Dani | @Keritingggg ngahahaha ya gitu, untunggnya gue blom pernah bray wkwkwk

    BalasHapus
  7. gue malah 1,5 tahun kuliah belom pernah kos haha. nglajo 50 menit tiap hari demi menuntut ilmu *pekok

    BalasHapus
  8. nice post..
    kya ngaca pas dlu gue awal kuliah.. walaupun belum se sempurna yang gue pengen (murahnya) :p
    tapi ada untungnya juga, pas gue tau dari depan rumah nyantol WiFi sebuah rumah sakit,, mhihi :D

    Follow balik ya bro :)

    BalasHapus
  9. Ngekos emang asik, bebas sebebasnya. Dan sekarang alhamdulillah dapet kosan yang enak, lingkungan enak, temen enak sama deket ama tempat kerja.

    BalasHapus
  10. ilmu nih buat mahasiswa rantau haha

    BalasHapus
  11. Dan satu lagi, pilih kamar kos yang ada jendelanya menghadap keluar (klo bisa). Lumayan buat penyegaran hawa2 kamar kos.

    Mampir ke blog gue ya bay, haha *promosi terselubung*

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))