Alone Backpacker to Bali

6/30/2013

haeee.. kabarnya gimana? sehat kan? pastinya dong :))
makasih banget udeh sering-sering sempetin baca blog gue, iya nggak papa walau buka tapi nggak dibaca.. lain kali jangan di ulangin yak yang kek gitu hehehe..

Libur tiba galu pun tiba.. iya gue libur 3 bulan, tetapi di gantungin sama sidang Tingkat Satu di kampus.. nggak tau sidang kek gimana? udeh buruan kuliah ya bagi yang belum kuliah..

Liburan kali ini gue rencanain buat ke bali, iye ke pulau yang kayaknya sih punya sebutan Pulau Dewata heuheu.. 

"Ngapain lo ke bali bay?"
"Ketemu partner gue, heuheu.."
"cieeeee~"
"Boong, begoo'!!"
errrr.....

Ke Bali gue mau ngilangin jenuh di otak, iya serius gue jenuh sama status gue sebagai... ahh udehh gausah dilanjutin -.- selain itu gue jenuh sama liburan yang kerjaannya makan - ibadah - sepedahan - tidur.. gaada enaknya serius dah -.-

Maka dari itu gue ngetrip ke Bali, sendiri dengan modal 20rebu di dompet, serius dah kalau gapercaya tanya aja @YESSIOW, awalnya sih ke bali mau sama temen gue si Amel tapi belom kelar UAS, dan si @biltiara yang pehape mulu kerjaannya dan gajadi nemenin gue.. 

Trip dimulai.. start from Madiun~ tettt tooottt..
Mau liat perjalanan gembel gue ke bali? 
Klik Lanjut Baca!





Yakss.. Sabtu 22 Juni 2013 gue beli tiket kereta Madiun-Banyuwangi kenapa gue belinya madiun banyuwangi? karena kereta Madiun Surabaya 110rb sedangkan Madiun-Surabaya-Banyuwangi 90 rebu, siapa yang salah coba? bukan gue kan pasti.. jadi urusan ntar gue turun dimana ya urusan belakang huahahaha..

Selasa jam 7 pagi gue bangun, bangunnya ya karena di usilin nyokap biar ga kesiangan keretanya. bayangin dah kaki gue dipegang terus dikelitikin. gimana rasanya? ya 96-69 seperti kesel asa kabita nendang waeh -.- udeh gue bangun mandi, pup dan lanjut makan.... ehhh gaenak bener abis pup terus makan, ehhh tapi emang gitu kejadiannya heuheu..

Jam 9 gue udeh di Madiun, beli 2 roti sama air mineral buat ngisi perut kalau laper di perjalanan panjangku menuju ujung timur pulau jawa tsahhh! kurang puitis apa coba? heuheu.. jam 9.45 gue udah di stasiun Madiun, mendadak pengen pup entah karena apa, gue berfikir kalau gue nahan itu takut blunder karena tau sendiri kereta itu toiletnya nggak layak buat pup, 

*kok bisa? karena kereta nggak ada tampungan hasil kencing atau pup itu sendiri, jadi ya jatuh di rel kereta sepanjang jalan.. silahkan liat toilet kereta sendiri kalau lu ga percaya.. 


stasiun madiun | chameleonboys
Stasiun Madiun taken w/ instagram *anak gaul :p

Jam 11 siang gue berangkat dari stasiun Madiun menuju Banyuwangi lewat Surabaya, seharusnya sih berangkat 10.32 cuman ya udah bukan rahasia kalau karet mentah masih murah (baca: Budaya molor masih kuat). Di kereta gue agak kurang menikmati perjalanan, bukan karena kereta nggak enak, tapi karena orang yang didepan gue ngeselin, ibu-ibu masih muda gitu bawa anak tapi nggak bisa mendidik anak dengan baik, gue aja sampai geregetan.

*anaknya lari-lari
#ibunya makan jajan

*anaknya jatoh dari kursi
#ibunya "sukurin, makannya jangan banyak tingkah"

*anaknya nendang muka anak kecil lain
#ibunya malah ketawa

*anaknya gigit sendalnya sendiri
#ibunya "ada apa sih kok di gigit?"

*anaknya nendang gue, bikin celana gue kotor
# ibunye diem aja

siapa nggak kesel kalau ngalamin kek gitu woyy?!

Gue sampai di di stasiun Banyuwangi Baru sekitar jam 10 malem, nah waktu di perjalanan gue sempet GPS dari stasiun ke arah pelabuhan ternyata cukup deket 300 meter doang

"Walah jalan kaki aja bisa nih, hemat cyinnn"
*naluri anak kost keluar membabi buta

Gue langsung jalan ke pelabuhan Ketapang, sempet mampir ke mini market buat beli 2 sari kacang ijo sama air mineral karena gue baru makan sekali waktu pagi dan udah dikeluarin di stasiun madiun, selama di kereta cuman makan 2 roti kecil sama beli kue molen abal 2ribu

Sampai di pelabuhan gue beli tiket penyebrangan, cukup murah kok 6.500 rupiah, yang 1000 masuk bulan dana PMI, enak kan udeh amal juga heuheu.. Di kapal gue sholat isya' terus duduk nyantai, taunya ada bapak-bapak ngerokok padahal jelas ada tulisan gede banget "Dilarang Merokok" yahh.. mungkin bapaknya gabisa baca atau nggak ngerti bahasa indonesia ( kata: Bang awal lewat tweet) dia sih orang indonesia, anggota bapak-bapak alay indonesia tepatnya.

Sampai di pelabuhan Gilimanuk bali gue nungguin ada bis gede ke denpasar, gara-gara nggak tau gue tanya aja ke satpam

"Pak, kalau ke denpasar naik bis apa ya?"
"Nah itu barusan yang lewat tadi bis ke denpasar"
"Oh iya? waduh~" *nyesek bro..
"Itu aja cari bis di terminal sana"
"Oh iya makasih pak"

Gue jalan muter-muter dan akhirnya ketemu terminalnya setelah jalan kaki sambil tanya sana-sini haha..

Mau naik bis gue agak bingung karena di tempat plang tulisan denpasar tapi di dalam bis tulisannya "Padang Bay" errr gue bingung, dan berani tanya kepada ibu-ibu yang jualan di deket bis itu

"Permisi buk, bis ke ubung denpasar mana ya?"
"Oh iya dek ini bisnya" *nunjukin bis yang bikin gue bingung tadi*
"Makasih buk"
"Iya, ini dek beli kenang-kenangannya dulu"
"hehehehe..."

Gue nunggu bus berangkat sekitar 1 jam.. dan jam 1 WITA gue berangkat ke Denpasar pake bus kecil, iye kecil cuman nggak se mainan bus 10rebuan, apalagi sekecil cintamu ke mantan, ehh apa cintamu ke mantan masih gede? okelah setiap orang punya pilihan masing-masing heuheu..

Di perjalanan dari Gilimanuk ke DPS gue agak nggak pewe karena bus over capacity gimana nggak, jalan tengah antar kursi aja masih ditambah kursi lagi, jadi ya gitulah bus kecil Gilimanuk-Padang Bay, mana bisnya pintu gabisa ditutup jadi kenek bis megangin pintu selama perjalanan, dan sampai ada kardus orang yang jatuh ke jalan gara-gara jalan rusak terus pintu kebuka *menyedihkan memang~ 

Tapi berhubung gue ngantuk ya jadi woles weh, karena molor lebih enak daripada mikir pusing sendiri hehehe..

Gue tanya bapak-bapak samping gue
"Pak, kalau mau ke DPS turun ubung langsung ya?"
"Iya dek"
"Nggak ke mengwi ya?"
"bisa naik angkot dek"

*gue baca sms dari Bayu anakforum  Backpacker Indonesia

"Ini nanti lewat mengwi dek"
"Oh iya udah kalau gitu pak"

Gue minta turunin di mengwi sama keneknya

"Mas, turun depan mengwi aja"
"Pertigaan itu?"
"Ya pokoknya deket terminal aja mas"


*Gue udah turun di mengwi dan baca lagi smsnya, Alamakk...!!!! gue salah baca sms dari Bayu anak Forum Backpacker Indonesia, Smsnya itu dari mengwi ke ubung naik angkot, nah mata gue ngantuk.. gue mikirnya dari ubung ke mengwi naik angkot. Dan ngenesnya gue udah bayar dari Gilimanuk ke ubung seharga 35.000 rugi dong gueh!! 

Udah gitu gue tanya satpam terminal, dan ditunjukin angkot ke ubung. Lalu gue tanya sekumpulan bapak-bapak penghuni terminal mengwi 
"Pak, angkot ke ubung mana ya?"
"Ini dek semua ke ubung" *nunjukin gerombolan angkot yang tak berpenumpang.

Gue mikir kapan bakal berangkat ni angkot kalau kosong melompong ini, yaudah gue duduk-duduk dan dihampiri ibuk-ibuk pake logat jawa kentel~

"Lek, aku njaluk pulsane ndang gae telfon"
"Duh buk ini nggak ada pulsanya, ini nggak pake kartu, cuman internet doang bisanya.. ini saya juga nunggu buk" *ngeles agak gagal hahahha
"ow yowes nek ngono.." *sambil ngacir

Hahaha, gue mepet banget karena pulsa gue tinggal 2000 bro, buat telfon mas bayu kalau udah sampai di ubung nanti..

dari jam 3 gue nunggu di terminal mengwi, akhirnya jam 4 WITA berangkat tuh angkot. Kembali dengan over capacity harusnya diisi 10 orang ehh.. ini diisi 12 orang dengan bawaan banyak semua, naik angkot mengwi ke ubung gue mesti bayar 10 rebu.. sial bukan?! 

Sesampainya di Ubung gue telfon mas bayu
"Mas, saya udah di ubung"
"Oh iya, kamu ke depan alfa m***art yaa"
"Ini udah mas"
"Oke, tunggu ya, agak lama.."
"Iya mas.."

Sembari nunggu dijemput mas Bayu gue twitteran terus telfon @YESSIOW
"oeeii.. bangun hahaha"
"Kemana aja? katanya mau telfon?"
"Ehh iya ketiduran.. Eyy merem mulu sholat sana, jam 6 loh!" *padahal jam 5 WITA
"Iya, lagi dimana sekarang?"
"Di rumah kok baru balik" *ngeles abis~

Tiba-tiba dia ngeline "Ini jam 5 begoo!!"
Gue gagal ngeles hahaha..

30 menit kemudian gue di jemput mas bayu dan langsung menuju ke rumahnya di daerah Pulau Roti Denpasar, gue gratis numpang disini haha..

Akhirnya kasur..... walaupun nggak seperti bayangan kamar nyaman, tapi berhubung gratis, ngantuk dan capek yaudah ngerasa enak pake buanget dah buat tidur~ 

hahaha ini perjalanan gue berangkat dariMadiun ke Denpasar  via Kereta Api, kapal Ferry, Bus Kecil Gilimanuk-Padang Bay, Angkot Mengwi-Ubung, Motor Ubung-Jl Pulau Roti.

Rincial pengeluaran untuk transport
Kereta Madiun Banyuwangi (KA Sri Tanjung Jogja-Banyuwangi) Rp 90.000
Penyebrangan Rp 6.500
Bus Rp 35.000
Angkot Rp 10.000

Murah kan nggak nyampai 150 rebu~ cuman harus sabar kalau jadi backpacker.. kalau mau enak ya naik pesawat, kalau mau enak lagi ya gausah backpacking.. tidur aja dirumah~ 

Ini pertama kalinya gue maen jauh sendiri jadi seorang Alone Backpacker bermodal tanya sana sini..
"Malu bertanya, sesat dijalan" emang bener "Banyak bertanya bingung dijalan" Juga bener makanya diciptain GPS muahahahaha... 

Sekian cerita perjalanan gue sewaktu berangkat, sering-sering cek blog gue buat update cerita selama di Bali. Mulai dari keracunan makan pagi, Ngadem di Kute, Nyasar ke Tanah Lot, Nyium pantat ibuk-ibuk, jajan gue dirampas preman di ubud, sepedahan di ubud, di PHP, dapet guide anak Kancut Keblenger, dan lain-lainnya... terus di follow biar gue ngadain give away berhadiah kanvas guede banget sama artwork hihihi..

See yaa..

-AnggitaBay-
Sanglah Denpasar

You Might Also Like

27 Komentar

  1. Keadaan dalem keretanya gimana? Ceritain donk. Penasaran lebih mengerikan mana, kereta Indo atau kereta di China, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dalem kereta ekonomi sekarang juga udah layak, AC, bersih juga sih.. sekarang juga dapet tempat duduk semua.. cuman ada aja orang yang duduknya ngacao seenaknya sendiri --"

      Hapus
  2. 150 itu bukan kebalinya doang? Baliknya bay? Haha seru juga.. dicoba nih ah kalo ada waktu, mau main kebali lagi udh kangen :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. 150 lu itu kebali dari jogja bisa... baliknya ya tergantung.. ntar gue share pas baliknya hhahaha

      Hapus
  3. oooh jadi ini tho yang diceritakan lewat potoongan2 di tweeter,,, hahaha... keren,kayaknya ini termasuk jenis traveler nekad...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, modal minim.. abis di makan gara2 di awal belum tau tempat makanan murah :v

      Hapus
  4. beeh, keren backpackernya. nekaad :D
    anak madiun bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... sipp,
      SMA gue bray di madiun.

      Hapus
  5. cowok enak ye travel travel yang begini. ya kalo cewek, berasa debat indonesian lawyer club dulu ama emak bapak.-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok cewek yang solo traveller, asal cermat dan bener2 waspada pasti bisa, satu lagi jangan bawa banyak barang bikin ribet cyinn... gue bawa ransel doang, baliknya bawa tas 1 lagi -_____-

      Hapus
  6. Wih seru ceritanya sob kyaknya penuh dengan petualangan,,,
    Kalau gue nggak kebayang tu kalau pergi sendiri bisa" mungkin ke sasar hehehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyasar itu sensasinya hehe... gue cuman andelin GPS dan kemampuan membaca feeling wkwkwk.. asal bisa menyesuaikan dengan lingkungan pasti gampang, misal ga malu tanya dan nannyanya sopan..

      Hapus
  7. asyik nih travelernya. Modal minim, pengalaman maksimal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. harus gitu sayang duit kalau musti ikut paket.. dan ikut paket itu nggak nyenengin sumpah deh :)

      Hapus
  8. sendirian? gue suka banget, apalagi kalau jalan sendirian di kota orang, enak bisa liat pemandangan meskipun capek ya nikmatin aja kanan-kirinya :D
    malu bertanya sesat di jalan banyak bertanya ya diomelin orang hahaha

    BalasHapus
  9. ohh itu tadi cerita apaan sihh?
    becanda.. di tunggu cerita selanjutnya bro..

    BalasHapus
  10. Jadi pengen backpacking juga ntar liburan :( kurang foto-foto berjemur kamu aja baaaay ummm :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh iya lu belom liburan ya :p yukk sini ke jawa nanti naik gunung setelah lebaran :D

      Hapus
  11. enak banget, gue mah liburan ikut tour sekolah. tapi gak seseru yg diharapkan-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama!!! aku dulu pake tour sekolah nggak enak banget mana mahal -_____-

      Hapus
  12. Aku juga mau liburan sendirian ini ntar kesana
    Ada yang bisa nemenin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ambil backpack aja hehe.. cari di forum backpackerindonesia atau couchsurfing bro kalau mau maen sama bule hehehe..

      Hapus
  13. Mas bayu memang dewa penolong para backpacker ke Bali :')

    BalasHapus
  14. Pengen deh jd solo backpaker

    BalasHapus
  15. Keren keren. Bay nomor telfonmu piro? Aku arep belajar dadi traveler nekad teko awakmu haha

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))