Miras Menggodaku #Anti Miras

6/06/2013


Udah hampir 4 tahun gue jadi anak kost. Bergabung berbagai komunitas sejak di SMA di Madiun sampai sekarang kuliah di Bandung membuat gue dapat banyak pengaruh dan ajakan-ajakan kurang baik dalam hal pergaulan.

"Kebiasaan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan"
  
Memang benar, orang yang nggak bisa membentengi dirinya sendiri pasti sangatlah mudah terpengaruh dengan lingkungan. Pelan-pelan pengaruh buruk dari teman mulai datang, semisal tawaran sebatang rokok, sampai pernah gue ditawarin miras. Ya untung saja bisa menolak tawaran nggak bener itu, lama kelamaan teman-teman bisa lebih menghargai gue dengan tidak memberikan tawaran-tawaran seperti itu lagi.

Sewaktu gue ngumpul sama temen-temen sepedahan, gue sempat tanya-tanya temen yang pengkonsumsi miras ataupun minuman beralkohol, gue sempat rekam percakapan sama mereka secara sembunyi-sembunyi.


Ternyata temen gue ada yang lebih parah, dia sejak SD sudah minum miras, 
dengerin aja percakapan gue berikut ini



Dari situ bisa disimpulkan bahwa mereka mulai minum minuman keras atau beralkohol berawal dari ajakan dan coba-coba yang berakhir dengan kecanduan. Ironis bukan kalau generasi muda yang sebenarnya diharapkan bangsa, sudah tidak sehat jasmani dan rohaninya akibat miras atau minol, apalagi sebenernya mereka tahu bahaya mengkonsumsi miras dan minol.

Sebenernya pengaruh minuman keras yang dikonsumsi terus menerus sudah banyak dijelaskan khususnya di lingkungan sekolah, bahaya yang ditimbulkan dari minuman keras atau beralkohol antara lain:

Gangguan Mental Organik
Minuman keras atau minuman beralkohol dapat mengakibatkan perubahan perilaku orang yang mengkonsumsi seperti bertindak kasar, sehingga dapat menimbulkan permasalahan dengan lingkungan sekitarnya. Orang yang sudah kecanduan minuman keras atau beralkohol akan mengalami perubahan fisiologis seperti mata juling, muka merah, serta perubahan psikologi susah konsentrasi, bicara melantur, mudah tersinggung.

Kerusakan Otak
Sudah bukan hal baru lagi jika orang-orang pecandu minuman keras atau beralkohol akan mengalami penurunan daya ingat karena alkohol tersebut memang merusak syaraf.  Selain itu minuman keras atau beralkohol juga dapat menyebabkan Oedema otak yaitu pembengkakan dan terbendungnya darah pada jaringan-jaringan otak sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal. Alkohol juga dapat menyebabkan plak pada pembuluh darah diotak, sehingga  timbul penyempitan syaraf yang berakibat terganggunya fungsi otak.

Gangguan Jantung
Gangguan jantung menanti buat pengkonsumsi apalagi bagi pecandu minuman keras atau ber alkohol. Kecanduan minum minuman keras atau beralkohol dapat menyebabkan jantung tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan bisa menyebabkan jantung koroner, pada peminumnya. Resiko tertinggi bagi peminum miras adalah terkena serangan jantung yang sifatnya mendadak tanpa tanda-tanda terlebih dahulu yang jika tidak cepat ditangani akan menyebabkan kematian

Selain Gejala diatas, pengkonsumsi minuman keras ataupun beralkohol dapat menyebabkan gastrinitis dan sirosis hati. gastrinitis yaitu radang atau luka pada pada lambung yang mengakibatkan gampang terkena sakit maag, pencernaan tak bisa bekerja dengan baik,dan yang paling parah adalah lambung kesulitan mencerna makanan. Sedangkan sirosis hati yaitu kerusakan jaringan pada limpa yang diakibatkan karena hati bekerja terlalu keras menyaring racun yang masuk dari luar yang diakibatkan dari menyaring alkohol.

Dari sedikit penjelasan tentang bahaya minuman keras dan beralkohol tersebut sudah tergambar bahaya yang menanti pecandu minuman keras dan beralkohol, apalagi buat remaja yang akan menjadi penerus bangsa.

alcoholic
Gelasnya bagus..
Lalu apa yang menyebabkan miras dan minol terus dikonsumsi,
bahkan oleh kalangan dibawah umur?

Menurut gue yang menyebabkan pecandu miras dan minol tetap mengkonsumsi yaitu karena mereka dengan mudah mendapatkan miras atau minol tersebut apalagi miras oplosan dengan harga relatif murah yang tentu mengandung bahaya lebih besar. Penjualan minuman keras dan minuman alkohol dapat dengan mudah ditemui mulai pedagang kecil pinggir jalan sampai swalayan, dan penjualannya dilakukan secara bebas tanpa ada ketentuan.

Masyarakat dan pihak yang berwajib memiliki peran sangat penting terhadap pengawasan penjualan miras dan minol, pihak yang berwajib seperti polisi dan satpol PP sebenarnya sudah sering melakukan razia miras hanya saja belum maksimal karena ada oknum masyarakat yang menutupi keberadaan penjual, serta banyak penjual yang bandel dengan tetap menjual miras walaupun sudah terkena razia.

Selain itu seharusnya  pemerintah menetapkan peraturan tentang penjualan minuman beralkohol, seperti batasan umur karena pengkonsumsi miras atau minuman beralkohol bisa lepas kontrol dan memiliki potensi melakukan tindak kriminal yang berbahaya bagi orang-orang disekitarnya. Dengan diberikan batasan umur bagi pembeli minuman keras atau beralkohol dapat menekan terjadinya tindakan kriminal serta menyelamatkan generasi muda penerus bangsa.

Buat apa buang-buang duit untuk sebuah hal yang nggak bermanfaat, bahkan justru merusak diri sendiri. Masih banyak hobi dan kegiatan yang lebih bermanfaat daripada minum miras. Dalam hal iman gue juga masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya gue sadar mana yang bermafaant mana yang enggak, dan memang hak masing-masing buat menjadi pengkonsumsi miras atau bukan, resiko juga ditanggung masing-masing. :))

anggitabay | chameleonboys
Jeng..Jeng..Jeng...

Kalau ada kritik saran dan komentarapalagi pemikiran silahkan tulis di comment box,
vielen dank alles :))

Referensi: http://www.anneahira.com/minuman-keras.htm
Pic: http://seputarwanita.com/rehalibitasi-untuk-perempuan-pecandu-alkohol/ 

You Might Also Like

47 Komentar

  1. Mantap!!!!!!!!!!!!
    Keren tulisannya bro! :D
    Generasi muda tanpa minuman keras? Udh seharusnya, minuman keras cuma ngerusak dan makin membunuh kreatifitas kalo menurut gw...

    Gw suka kampanye2 kaya gini di blog2 temen-temen.. TUlisannya keliatan lebih natural dan original, ditunjang gambar dan desain2 yang unik! #ThumbsUp :)

    Oia salam kenal yak! ^^,

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyahahaha xD
      salam kenal juga bre.. :))

      Hapus
  2. Sipp! Campaign keren nih :D
    Lagian miras itu pait, nggak enak, matiin ide! Ngapain sih pake nyoba-nyoba?


    btw follow blogku juga ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciee udah nyoba ya xD
      hemm~~

      Hapus
    2. iye udah nyoba XD
      yakali muka innocent kayak gue minum miras.. :))

      Hapus
  3. Tjakeup! ^.^)b
    Miras apaan sih, masih mending es teh lebih murah lebih sehat lebih enak pula wkwk

    BalasHapus
  4. Gue dari kecil udah dinasehatin juga sama orang tua gue. Orang tua juga sebagai faktor atas kekuatan benteng kita. Dan Alhamdulillah, sampe saat ini gue belom pernah ngerokok, minum :D

    BalasHapus
  5. Keren sharingnya.
    Masa depan seseorang salah satunya dipengaruhi oleh kepada siapa dia berteman.
    Sipp, mas Anggita Bayu. Memang gak ada manfaatnya sedikitpun minum miras. Selamat berkarya.

    BalasHapus
  6. Anak gaul bukan yang gaulnya pake miras loh ya bukan. tapi anak gawl itu anak yang rajin ke mesjid mhahaha eh gak deng itu namanya anak soleh-__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pribadi masing2 deh xD

      Hapus
  7. miras legal lho untuk dikonsumsi, buktunya di indomaret deket kosan gue aja ada :D hahaha. lagian carinya juga gampang. harganya juga relatif terjangkau. padahal uda ada label cukainya lho ~ piye ? enak jamanku to ? :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang legal kok itu ada di indomart haha.. ya itu hak masing2 mauminum bre hehehehe

      Hapus
  8. Gue gak pernah minum miras, Alhamdulillah keren terus. :D

    BalasHapus
  9. ooh, jadi ini alesan dulu mau tanya, ditunggu2 emailnya tapi nggak masuk, hahaha....

    sekarang abg kerja ngurusi peredaran alkohol nih, ....

    ikutin rohis sana, biar lebih manteb

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyahahaha..iya sih awalnya jadi kurang sip gara2 kurang pendapat :| duh rohis, ampun xD

      Hapus
  10. dari pada minum miras mending minum marjan, apalagi sebentar lagi puasa *nyambung gak ya?* *please, disambung-sambungin aja*

    BalasHapus
  11. pertebal iman dengan cara ganti nama jadi iman,

    Oke emang gak nyambung... dahh :p

    BalasHapus
  12. kebanyakan juga sekarang cuma social drinkers aja , terutama yang kerja di kota-kota besar, jadi ga heran cewe cowo kuat minum di pub, (pengaruh pergaulan) dan itu benar. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp bener bre, gue awal di bandung juga heran cewek ngerokok dan minum di muka umum santai banget..

      Hapus
  13. Katanya miras juga bisa buat ngerangsang pasangan utk berhubungan intim, itu bener nggak sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. men gue masih perjaka belom nikah haha.. yak kita logika saja, orang mabok kan nggak sadar nah mungkin bisa aja membuat peminum lepas kontrol kan? tapi buat apa pake miras hanya untuk merangsang hubngan intim nanti? kan dalam agama juga dilarang kan miras atau khamer itu(dalam agama gue lo ya :)) so, simpulkan sendiri ya :)

      Hapus
  14. jujur aja gue doyan, sampe suatu saat gue minum hotel pas ada event, dan katanya ada "sesuatu" nya. semoga aja cuma isu. sekarang gue kapok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting kedepannya lebih baik lagi kan bre #S-Edge haha

      Hapus
  15. keren bro! gua pernah jadi peminum. tapi sekarang udah nggak kok. soalnya gua pernah di grebek sama guru waktu study tour sekolah. alhasil, hampir aja gua dikeluarin dari sekolah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus bro, pengalaman bikin sadar haha.. lah itu pasti minumnya arak bali yo? wkwk

      Hapus
  16. beh, bener bro! daerah gua dibalam tiap ada yg mau pesta! pasti ada pesta miras sampe jam 3-4an ! gila aja lo, udah lagu remix ga jelas, untungnya pengaruh dari keluarga gua yg keras gua ga begitu :D

    BalasHapus
  17. nggak ada gunanya minum-minuman beralkohol. tapi kalo minuman keras (es batu) gue sering kalo lagi iseng haha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha gue juga sering lah kalau es batu :D

      Hapus
  18. kayaknya pernah comment tentang miras juga. gue juga dukung, HIDUP ANTI MIRAS!! :D *ala FPI*

    BalasHapus
  19. emang bener tuh kebiasaan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. kalo kata bang napi sih, "waspadalah!! waspadalah! karena kejahatan bukan karena hanya ada niat dari si pelaku tapi juga kesempatan"
    jadi kalo kesempatan buat berbuat jelek, ga usah dilakuin :D

    BalasHapus
  20. alhamdulillah msh clean dr miras dan mabuk2an, kecuali mabuk naik bus .__.

    BalasHapus
  21. waduh kalo saya digoda, kuat gak ya nahan diri. mesti ada yg bantuin neh biar gak nyentuh si dia

    BalasHapus
  22. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl: Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))