UTS: Ujian Tanpa Stress

10/29/2013

Hallo.. Assalamu alaikum... 
Lama banget nggak ngeblog nih, bukan karena apa tapi karena

Memasuki musim mahasiswa di universitas di Indonesia mulai dari belahan jupe sampai depe lagi menjalankan ujian tengah semester 



Jadi ada yang nanyain gue kemana aja nggak sih? ada.. iya ada mantan gebetan gue biasanya, itu sih biasanya.. jangan nanya gue jomblo apa enggak nanti kalau gue jawab beneran lu nggak kaget gue yang krik krik..

Banyak orang yang beranggapan kalau kuliah itu udah enak, nggak seperti hidup sebagai "Anak Sekolahan" pssttt bukan anak sekolahan si doel yak, maksudnya anak sekolahan ya elu-elu pade yang masih SD, SMP atau SMA apalagi yang hobi pake celana gemes.. aw..aw..aw..

Tetapi gue kali ini nggak mau ngomongin soal celana gemes, sebagai gantinya gue mau ngomongin kancut gemes.. nah looo mau pilih yang manahh?!

Nyet, Lu ribet amat nyet!?!

Ahahaha... sabar, gue mau bahas soal seluk beluk dunia ayam kampus yang udah mati ayamnya, jadi tinggal dunia kampus dan sedikit bebek kampus.. itu sodaranya soang kampus.. Berhubung gue baru aja selesai UTS, jadi kali ini gue mau bahas soal UTS anak kuliahan nih LANJUT? 

Psstt.. lo harus baca Syarat dan Ketentuan berikut sebelum lanjut ke pembahasan, biar apa?biar nggak ada salah paham dan selek-selek ringan diantara kita.. 

1. Tulisan gue bukan bermaksud menyinggung orang, mohon maaf kalau ada nama tokoh atau tempat yang sama, mungkin hanya kebetulan belaka dan sedikit kesengajaan..

2. Tulisan ini berasal dari pengalaman yang gue pernah alamin dan sedikit pengalaman orang (mungkin) hahha..

3. Gue anak FT ya, jadi beda sama anak kuliahan jurusan lain hehehe..

Setuju? hokeh lanjut (lagi)....

Pertama, dilihat sebagai anak sekolahan khususnya anak SMA, UTS itu ibaratnya UAS aja sama-sama bikin pusing, sedikit sih.. biasanya ngerjain soal berupa pilihan ganda berjumlah 20 soal dan 5 soal essay.. biasanya sih PKn dan Agama huahahha.. kalau matematika 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay bikin pusing bukan? apa lagi kalau sehari lebih dari 1 pelajaran hahaha..

Sama! waktu itu gue banyak pusingnya dari pada santainya, sewaktu SMA gue rajin banget belajar kebut semalem buat dapet nilai bagus, ujung-ujungnya gue cuman sekali masuk 5 besar kelas selama gue berlabel "Anak sekolahan" :|

Kedua, dalam sebuah UTS, anak sekolahan dilarang menggunakan HP, Kalkulator, atau membawa contekan. apasih hasilnya? banyak yang bawa HP untuk sebar jawaban melalui group chat kelas, bawa contekan dan tengok kanan kiri atas bawah siapa tau dapet pemandangan segar. haha.. dalaem ruangan ditunggu pengawas (guru) masih aja berani lirik-lirik sesekali nyepik tetangga biar dikasih jawaban.

"psstt.. al nomer 14 apa jawabannya? nggak bisa ngerjain nih.. hiks hikss.."
"Bentar bay beloman.."
"Iyaa.." *muka mewek*

*UTS seketika menjadi geladi bersih sebuah pertunjukan drama, gue jadi pemeran utama, oke sippp banget..

Ketiga, setelah UTS selesai kalau masih nganggur pasti ngumpul di depan kelas buat nanyain jawaban sana-sini, buat ngira-ngira nilai nanti berapa, kalau ada jawaban yang sama dengan temen yang lain langsung dianggap bener, kalau beda cuman diem dan buru-buru balik ngihihihi..

Mungkin itu tadi UTS yang dialami oleh anak sekolahan, seru kan? gue yakin hampir semua dari kalian nggak ada yang bilang kalau UTS itu asik, soalnya banyak nggak bisa ngerjainnya heuheuheu..

Terus gimana sih UTS anak kuliahan? UTS anak kuliahan itu bisa dibilang enak bisa dibilang kagak, kalau lu bisa ngerjain ya enak, kalau nggak bisa ngerjain ya gambar di kertas ujian hahaha.. 

Pertama, UTS anak kuliahan itu nggak banyak soal, cukup 4 atau 5 soal cuman semuanya essay dan beranak.. beranaknya kalau lagi KB paling 2 cukup, kalau soalnya nggak ikut program KB bisa 5 anakan uhuyyy rame banget keluarganya si soal ya.. jadi walaupun soal cuman 5 tetapi jawabannya bisa 1 lembar untuk 1 soalnya sial memang..

Selama gue UTS itu nggak cukup dengan 4 atau 5 hari, tetapi 2 minggu! Ulalaaa... enaknya sehari cuman satu mata kuliah yang diujiin, dan biasanya ada selang hari lu libur nggak ada UTS hahasekk.. kalau udah tingkat atas emang enak, mungkin UTS cuman 3 hari karena cuman ada 3 mata kuliah yang di UTSin 

ulpeh
Jadwal UTS si @ulfahpb kakak kelas di jurusan gue

Kedua, kalau masuk dunia kuliah lau bakal dituntut untuk bener-bener kerja sendiri, nggak bisa seenak jidat tengok kanan tengok kiri, lagian yang lu tanyain juga sama-sama pusing. Gue sendiri kuliah di Fisika teknik UTS diijinin membawa kalkulator dan beberapa ada yang open book atau open note, What the..... OPEN BOOK?

Eitsss.. justru UTS open book atau open note itu biasannya soal konsep, nggak ada jawaban hitungan dan lo cuman suruh ngebuktiin sebuah rumus atau sebuah teori itu bener apa enggak.. ujung-ujungnya mengarang bebas adu argumen hahaha..

FYI : [Fo yo Infomesion], kalau lu kuliah urusan UTS/UAS yang jadi pengawas bukan dosen melainkan mahasiswa juga, biasanya anak LAB atau apalah, jadi bisa dibilang lebih ketat dari pada guru, soalnya mereka nggak tanggung-tanggung kasih nilai NOL, buktinya 2 temen gue aja pernah jadi korban dan temen gue yang jadi pengawas juga pernah jadi tersangka, Halah.. lo kira khasus cabulisasi senior terhadap junior unyu??

UTS GUE
Senjata gue saat UTS nih


Ketiga, hidup jadi mahasiswa bisa dibilang pilihan, mau santai atau nggak itu hak masing-masing orang seperti tulisan gue yang INI, jadi mau lo belajar biar nilai lu bagus atau mau ngulang tahun depan karena misal nilai lau dapet E atau lau skip UTS karena lagi memberi ucapan selamat wisuda ke mantan itu serah lau.. bebas.. 

Waktunya cerita UTS gue yang barusan selesai..

Gue sendiri UTS kemaren 6 mata kuliah 6 hari terdiri dari Bahasa inggris yang dibolehin bawa kamus kali ini gue sok-sokan keluar duluan dari ruang ujian hahahayyy... UTS mata kuliah Rangkaian Listrik close book tidak diperbolehkan kalkulator alhasil ribet, Rangkaian Listrik itu apaan sih bay? RL atau mungkin di kampus lain bernama Rangkaian Elektrik (RE) ini membahas teori-teori listrik thevenin, norton dan sebagainya, kalau lu waktu SMA (IPA) belajar rangkaian seri paralel udah cukup bikin lau pusing, otak lau bakal sedikit lebih ngebul lagi hahahayy..

Mata kuliah Mekanika fluida boleh memakai kalkulator dan open note jadi seminggu sebelum UTS dosen ngasih waktu buat bikin note dan ditandatanganin dosen untuk dapet ijin dibawa saat UTS, tapi hanya keluar 1 nomor soal dasar.. lainnya soal pemahaman konsep semua hahaha!! UTS Matematika Rekayasa (Matrek) juga open book mau bawa catetan banyak kalau nggak ngerti pemakaiannya juga nggak guna bray hahahaha..

mekanika fluida
1/2 kertas A4 untuk 6 bahasan.. tulisan segede semut..


UTS Analisis numerik UJIAN praktikum langsung pakai excel dengan angka-angka bikin mata bintitan minta dipeluk sama mikha tambayong! alhamdulillah nilai diluar dugaan padahal gue udah telat lebih dari 30 menit karena ketiduran. Jadi semua UTS gue jam 1 siang kecuali analisis numerik jam 7.30 hih! malemnya gue nggak belajar malah maen Counter Strike sama anak kosan sampai jam 3 paginya bagun terus tidur lagi.. bangun-bangun jam 8 gue langsung gosok gigi cuci muka dan lari ngiprit ke kampus.. *tetep wangi*

Sampai di gedung fakultas tempat UTS gue agak sok bingung cari tempat..

"Kak boleh masuk?"
"Tanya dosen di ruang sebelah dulu"
*gue menuju lab sebelah*
"Misi bu, boleh masuk nggak? tadi 30menit nunggu di ruangan daskom lama, lupa kalau udah dipindah lab nya"
"Eee.... kamu ini gimana, yaudah masuk aja"
"Makasih bu" AHAY!!

Gue ngerjain soal udah pusing duluan, nggak yakin dapet 50 ehh ternyata gue malah dapet 80 oww owwww.. semoga gue nggak salah liat *aamiin


UTS hari senin gue dapet statistik pakai kalkulator dan dibelakang soal ada rumus, tapi ya namanya pengolahan data walaupun hitungannya nggak rumit tapi jumlah datanya bikin nahan nafas kalau ngurutin angka-angka.. UTS hari terakhir Termodinamika Teknik, Open book dan boleh kalkulator enak banget kan? enak palalu itu, soalnya serba konsep dan penurunan rumus, karena gue udah pusing duluan maka gue keluar ruangan 1 sebelum ujian selesai.. hahahaha...

Lo keluar ruangan cepet banget bay? Karena menurut gue mending keluar ruangan dan tidur dikosan dari pada nunggu turunnya jawaban dari langit di dalam ruangan.

Terus nilai lau gimana? Nilai bagus kalau nyontek nggak sebangga nilai pas-pasan tetapi dari hasil mikir sendiri dan usaha sendiri (usaha ngelirik) huahahhaa..

Lau nggak pernah nyontek apa? pernah lah, --" cuman selama kuliah sepertinya gue nggak pernah dikasih contekan walaupun gue udah minta hedewwww....

Oke, gue rasa cukup untuk postingan kali ini, panjang banget nih.. sesuai aturan awal ya jadi jangan tersinggung kalau ada perkataan gue yang nggak enak sama elu hihkk! Kuliah nggak selamanya enak, seru, menyenangkan tapi juga ada pusingnya.. Ambil yang baik dari tulisan gue, yang nggak baik jangan disimpen yaakk.. kalau nggak ada yang baik ya stalking aja blog gue ntar dapet kok kapan-kapan hahaha..

Kalau ada kritik-saran atau cerita seru soal UTS dunia kampus atau sekolah silahkan share di comment box.. dadaaaahhhhhh :*

Anggitabay
29-10

You Might Also Like

19 Komentar

  1. Kalo mau menghadapi ujian tanpa stress, udah pasti jawabannya belajar, belajar, dan belajar. Tapi, jangan belajar yang menggunakan metode SKS = Sistem Kebut Semalam. Itu mah sama aja bikin otak masih stress. Hahaha. :))

    BalasHapus
  2. alah... gua kemaren juga baru ja selesai UTS dikampus.. UTS pertama sebagai mahasiswa.. tapi, gua biasa aja tuh.... dah dasarnya pinter kalee yakk...!!! ahahahahhahaha.... #becanda ^__^

    silahkan berkunjung ke blog ku juga expresiuci.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pssttt jurusan apa dulu nih? kalau di teknik untuk tahun pertama mah standart kyk SMA pelajarannya heuheu... aminn..

      Hapus
  3. Udah lama nggak ngerasain UTS di sekolah muehehe

    BalasHapus
  4. Catatan kecil wajib tuh dibawa ha ha... Catatan kecil=catatan yang dibuat kecil-kecil, disimpen dimana aja asal nggak ketahuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dalem lubang telinga yak contohnya? hahaha

      Hapus
  5. wahahaha KENAPA HARUS ADA MUKA MIKHA DI AWAL POSTINGAN?!
    btw, kalo ditempat gue beda lagi artinya UTS bay. kalo di sini, Ujian Tanpo Sinau.. hahahaha

    BalasHapus
  6. aku pernah denger singkatan lain. UTS = Ujian tidak serius -_- hihi *sesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah denger UTS: Ujian tidur sejenak belum? :D

      Hapus
  7. loh udah uts ya?

    *brb belajar. ^_^

    BalasHapus
  8. kalo di kampus gue istilahnya Ujian Tanpa Serius. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi bisa jadi.. bisa mampus :D

      Hapus
  9. haha gue TF juga kak angkatan 38

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))