#MimpiKawancut : Cerita 7 Tahun yang Lalu

11/02/2013

Grüß dich freunde! Wie geht es dir? 
ich hoffe, alle gut

Lama banget gue nggak ngeblog lagi gara-gara kesibukan setelah dapet pekerjaan di Jerman. Mumpung lagi libur Der Herbst atau musim gugur di Jerman, gue mau cerita dikit nih perjalanan gue dari kuliah di Bandung sampai akhirnya gue bisa sampai di Jerman seperti mimpi gue sejak waktu SMA dulu..

Saat SMA gue dapet pelajaran bahasa Jerman sebagai pelajaran tambahan masuk jurusan IPA, saat kelas 2 gue bisa dibilang cuman asal masuk kelas karena nggak terlalu ngerti Deutsch yang diajarin sama Frau Nani. Saat itu gue cuman lancar ngomong Ich liebe dich doang hahaha.. Masuk kelas 3 pelajaran Deutsch nggak bisa dianggap enteng lagi, ada UAS Deutsch berupa percakapan langsung dengan Frau Nani. 

Karena gue nggak mau dikira orang gagap untuk UAS nanti, waktu kelas 3 gue berusaha untuk belajar Deutsch mulai dengan download aplikasi yang berhubungan dengan Deutsch yang membantu gue untuk bisa "deutsch sprechen" akhirnya gue sok-sokan ngetweet pakai bahasa Jerman sebisa gue hehehehe...

gte morgen



Menjelang masa akhir sebagai kelas 3 gue kenal sama Ratri, gue sama dia beda sekolah dia SMA 2 Madiun dan gue SMA 3 Madiun beda dikit lah jadi kemungkinan jodohnya juga dikit hakhakhak.. gue modusin itu anak orang yang berakhir dia khilaf nerima gue jadi pacar waktu itu ngihihihi..

Ratri belum dapet pelajaran bahasa Jerman karena di sekolahnya hanya belajar bahasa Jepang, tapi dia pengen ke Jerman, nah gue dapet pelajaran Jerman tetapi awalnya nggak terlalu tertarik buat ke Jerman. Uhuy sepertinya cocok kan? [sepertinya].  Gue inget waku itu pernah ngomong Jerman ke dia, "Wie geht es dir? ich fehlst dich" dia cuman jawab "Kamu bisa bahasa jerman, tapi aku bisa pergi ke jerman" busett~ ibarat kamau mau nampar mantan tapi kamu justru dicupang banci duluan..

Setelah lulus SMA gue melanjutkan kuliah di Fisika Teknik Telkom Institute of Technology yang katanya sekarang udah bergabung menjadi Telkom University, sedangkan Ratri di Fisika Sepuluh Nopember Institute of technology nah beda dikit lagi kan gue anak teknik sedangkan dia anak mipa ah kita nggak sejalan, makannya kita putus sebelum lulus SMA hakhakhak.. 


fisika teknik 36 03
waktu kuliah di Indonesia dulu
Sewaktu kuliah gue kenal  Yessiow, FYI katanya dia doodler terkenal terbukti sih banyak yang tau dia lewat karya doodlenya. Gue dulu pernah sepik sepik Yessiow dan dia hampir khilaf  juga tetapi pada akhirnya malah gue yang di PHP waktu itu hahahaha.. gue ditawarin ikut membuat clothing line sama Yessiow, singkat cerita akhirnya gue sama Yessiow dan Rizal membuat clothing line yang bernama DOODLE ART SHIRT STORE

DATS cukup cepat terkenal, ini juga nggak lepas dari temen-temen Kancut Keblenger yang sering mampir ke blog gue ini dan khilaf beli produk dari DATS.


Acho w/ dats t-shirt

Selesai kuliah di Fisika Teknik gue dapet tawaran beasiswa untuk kuliah Master. Gue seneng banget dapet kabar beasiswa itu, ibarat dalam dunia nyata gue cuman bisa peluk foto Mikha Tambayong yang nempel di guling gue eh bangun-bangun ternyata gue beneran peluk Mikha Tambayong! oh man.. gue mimisan se ember.. dibarengin muntahnya kalian dua ember ehehehe..

Gue tertarik untuk ngelanjutin kuliah di Jerman, kenapa sih ke Jerman? karena Jerman bisa dibilang negara tujuan pendidikan "teknik" terbaik di dunia, buktinya ilmuan banyak yang berasal dari jerman seperti Albert Einstein siapa sih yang nggak tau kakek Einstein? awas aja kalau lu nggak tau si kakek dan bilang kakek Einstein penemu mesin uap --"

Alhamdulillah gue sekarang udah lulus dari Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule,  sewaktu kuliah master gue ambil Energy Engineering M.Sc. Selama di Jerman walau menerima beasiswa gue musti cari duit dengan kerja saat musim liburan seperti ini, Di Jerman ada empat musim libur jadi lumayan untuk cari duit waktu itu *mental anak kosan. 


wisuda Master energy engineering di RWTH setahun yang lalu

Alhamdulillah juga gue sekarang udah dapet kerjaan enak di Jerman dan bisa ngedegein DATS di Indonesia yang gue bangun sama Yessiow dan Rizal saat gue masih kuliah di Indonesia. Sekarang DATS udah punya satu Kingdom Store tepatnya di Bandung Indonesia, design toko gue design sendiri dengan konsep perpaduan Hi-Tech dan Tradisional. Sayang banget kalau ada skill tapi nggak di aplikasiin kan hehehe.. 


dats kingdom
dats kingdom di jalan Riau bandung

Kesuksesan DATS juga nggak lepas dari peranan DIGITAL AGENCY ‘KANCUT ASOY’ yang dikembangin oleh Irvina Lioni dan kawancut mulai dari radio Kancut, Kancut Keblenger TV, kafe ASOY GEBOY dan komunitas Kancut Keblenger sendiri yang menjadi partner DATS selama ini. 

Dua tahun yang lalu DATS dan Kancut Keblenger sempat ngadain acara kumpul blogger se Indonesia dan melakukan talk show dengan mengundang beberapa penulis dan jurnalis terkenal dari Indonesia serta guest star saat perayaan anniversary DATS yang ke 5

Acara kolaborasi DATS dan Kancut Keblenger

Gue sekarang bekerja di e.on tepatnya düsseldorf, disini gue lebih sering meneliti pengembangan energi terbarukan, tau nggak sih energi terbarukan? energi terbarukan itu intinya kita mencoba mencari energi alternatif baru untuk memenuhi kebutuhan energi yang semakin kesini makin banyak keperluan tetapi sumber energi yang ada berkurang. Alhamdulillah gue tergolong engineer yang sayang lingkungan terbukti nilai mata kuliah Pengenalan Lingkungan saat kuliah di Indonesia dapet nilai A hehehehe...

transkrip
Pengling bersama Mr. Sundjojo :D

Gue inget pesan dari Mr. Sundjojo, beliau pernah bilang "Kalian ini kalau sudah besar nanti, jadi seorang engineer hebat jangan sampai terlalu banyak eksplorasi besar-besaran tanpa pelestarian lingkungan, kalau ada energi tapi lingkungan udah rusak duluan mau buat apa energi yang ada? orang kalian udah keracunan limbah duluan hahaha" *FYI dia dosen paling tua di kampus dulu saat gue kuliah di Indonesia.

Yang paling berkesan sama Mr. Sundjojo itu beliau nggak pernah mau presentasi pelajaran menggunakan LCD projector, selalu menggunakan OHP dan film OHP miliknya nggak boleh disentuh sama siapapun haduhh.. banyak kenangan lah waktu kuliah S1 dulu..


e.on office di Düsseldorf
Kerjaan gue nggak jauh-jauh dari penelitian gas-gas alam, panas bumi, angin dan semacamnya yang memungkinkan untuk penemuan baru sebagai sumber energi terbarukan. Mulai dari eksplorasi energi lautan sampai gunung yang berupa panas bumi, tanpa terkecuali panasnya hati juga bisa jadi energi, energi bunuh diri maksudnya.


Plant energy  e.on di russia

Gue juga pengen suatu saat nanti bisa berguna bagi Indonesia, khususnya dalam pengembangan energi Terbarukan di Indonesia. Untuk saat ini indonesia masih kurang dalam hal energi terbarukan, misal nuklir aja sampai sekarang belum terlaksana di Indonesia gara-gara tentangan dari warga Indonesia sendiri yang kurang percaya terhadap engineer hebat Indonesia. Nuklir di indonesia sendiri sebenarnya sudah memungkinkan untuk dibangun di daerah Muria, sedangkan daerah lain masih dalam tahap riset mengingat nuklir sangat berbahaya radiasinya.

Akibat dari terlambatnya perkembangan energi terbarukan di Indonesia banyak perusahaan energi luar negeri yang masuk ke Indonesia untuk melakukan riset dan pengembangan seperti energi terbarukan dari panas bumi di daerah Bandung atas. Indonesia sangat memiliki potensi energi yang melimpah jadi sangat disayangkan kalau bukan kita sendiri (orang Indonesia) yang melakukan pengembangan buat bangsa ini, nggak selamanya kita bergantung pada orang luar negeri kan?


Rencana nuklir di muria

Aduhh... sudah-sudah bahasan gue mulai berat yak ternyata hehehehe... maafkan yah cuman mau mengutarakan pemikiran gue saat masih kuliah di Indonesia sampai sekarang hehehe..

Aih sekarang gue udah hampir 25 tahun aja, mau nikah tapi masih belum menemukan jodoh hakhakhak.. Kabarnya si Ratri yang dulu khilaf nerima gue jadi pacarnya sekarang udah menikah sama temen sekampusnya waktu di ITS, dan sekarang dia lagi ikut suaminya di Jerman.



Lo nggak cemburu bay? enggak sih, karena gue sama Ratri udah seperti temen biasa nggak seperti orang-orang yang ngegalauin mantannya.. nih contohnya tweet dari @junipan_


Anak muda jaman sekarang~

Terus lu gimana? gue masih aja di PHP sama mikha tambayong hahay.. gue sendiri masih nyaman kerja dan meneruskan riset yang sedang berjalan di Jerman timur. Walau bayaran kerja di e.on lumayan gue tetep berhemat buat tabungan masa depan untuk hidup sam istri gue nanti tentunya tanpa di PHP lagi hehehe.. 

Alhamdulillah sekarang udah bisa punya rumah sendiri di düsseldorf nggak terlalu besar lagian masih belum ada yang nemenin juga, ada sih yang setia nemenin yaitu hembusan dingin udara dan sunyinya malam serta suara pembantu yang lagi asik uhh ahhh uhhh ahhh yess noo yess noo berduaan sama suaminya. Gue cuman bisa tidur sama guling hahaha..


Halaman belakang rumah gue

Dan satu lagi, gue berhasil ngewujudin mimpi gue sewaktu SMA dulu, yaitu punya mobil sport 2 pintu dengan turbo charge, kenapa 2 pintu? ya biar so sweet gue sama istri doang yang naikin anak ditaruh dibelakang, lagi-lagi sampai sekarang masih naikin sendirian hakhak.. tahun depan pasti ada pendamping di mobil gue ntar, aamiin...


Mobil gue cuman nissan GT-R yang merah, lainnya mobil temen gue saat mau BBQ di rumah

hemmm.. gue rasa sekian dulu cerita gue kali ini, doain gue bisa ngembangin Indonesia khususnya di bidang energi terbarukan, dan cepet dapet jodoh terus nikah ihikkkww...

Oh iya ini ada video yang dibuat oleh sebuah lembaga kursus bahasa di Indoneisa tentang perjalanan gue dari kuliah sampai sekarang, watch now guys! sempetin waktu dikit untuk liat video ini :)


Nahh.. jadi tau kan alasan gue lama nggak ngblog dimari? kesibukan gue di Jerman yang bikin gue lama banget nggak update blog, berhubung lagi liburan selanjutnya gue bakal update dah cerita-cerita seru dan gambaran gue berhubung jarang banget post gembaran hehehehe... dadahhhh... vielen dank alles!

Ohyaaa... Kalian sekarang sibuk apa? Komeng sikik ica kaleeee..... :))




Anggita Bayu Krisna
Düsseldorf - Deutschland


Pict source: 
http://www.wired.com
http://www.eon.com
www.prweb.com
http://eugeniaemily.blogspot.com
http://viper.dragtimes.com
http://www.rwth-aachen.de
http://www.rimanews.com
http://livedesignonline.com
-------Pssstttt-------

NB: Tulisan gue ini wujud partisipasi gue dalam proyek #MimpiKawancut yang diadakan oleh kancut keblenger. Kalo kalian mau ikutan, nih liat syarat dan ketentuannya  DISINI dan dapetin merchandise kece asli dari @kancutkeblenger uhuyyyy... dadahhh  :*

You Might Also Like

41 Komentar

  1. Woy balik ke Indonesia, bangun bangsa ini. Jangan sok sibuk di Jerman sana.

    BalasHapus
  2. Jangan Lupa kalo Dah Balik dari Jerman
    Bawa Oleh" yang ane suka yaitu Onde - Onde hehe

    Maju terus Ngeblognya ya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ada rencana untuk kembali ke indo :D

      Hapus
  3. Udah nyaman di Jerman jangan lupa balik ke Indonesia. Sama-tingkat-kan Indonesia dengan Jerman lewat pengetahuanmu!

    Betewe: guru fisika gue juga pengen banget ke Jerman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha iya dong.. indonesia harus maju..

      Hapus
  4. Balasan
    1. video beberapa bulan yang lalu bikinnya hahaha

      Hapus
  5. gue juga pengen bisa buat video kayak gitu >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik kan yak? hehehhe bikinnya di EF langsung kok semenit juga jadi :D

      Hapus
    2. kalo yang gak kursus di EF bisa gak nongol di sono trus numpang bikin?

      Hapus
    3. googling aja "this is my story" nah ntar ada di google paling atas :D

      Hapus
  6. jadi lo udah 25 tahun???! gileeee kirain masih teenager gitu bay wkwk

    BalasHapus
  7. eh. hebat lu bay. oia. lu tua ye. kirain masih seumuran. harusnya gue manggi elu bang. bukan nama. yakan. maf, bang . hehehe
    sukses dijerman jangan lupakan tanah air. *tos!

    BalasHapus
  8. Cie banget lo bay! Ceritanya mau jadi the next Habibie nih. Hahaha.
    Gue kira lo masih muda, ternyata udah tua gini.... :))
    Btw, semoga bukan sekadar mimpi! Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin pak hahhaa.. gue beresin kuliah dulu :D

      Hapus
  9. Bwahahahhaha asik asik nih mimpinya...
    Semangat nggit!! ^^

    BalasHapus
  10. Gokil nih..
    Mimpi lo keren banget, semogaaja Mikha Tambayong mikir 2 kali kalo mau ninggalin elo..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiiinnnn aminnnnnnnn *mikha tambayong harus iat ini hahahaha xD

      Hapus
  11. keren bro, lo kenapa cari cewe di jerman aja bro kan tambah keren tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang asoy broooo... hahahhaa.... xD

      Hapus
  12. Kamu keren sekali .. Boleh ngefans nggak :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hakhakhak.. aya aya wae si eneng mah..

      Hapus
  13. btw salam kenal bro gue anak polteknya, sebelah kampus lo :D

    BalasHapus
  14. Weh kereeen
    Semoga menang yak, mimpinya juga terkabul
    amin

    BalasHapus
  15. Haha pesen DARTnya 1 ye, gak pake kuah

    BalasHapus
  16. keren banget bang mimpinya, seperti udah sukses :D tapi itu DOODLE ART SHIRT STORE. bener2 ada dan emang punyanya abang? visit balik dah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau DATS udah ada emang cuman toko ofline masih belum ada hehehe.. mampir yaa :))

      Hapus
    2. bang bayu itu gimana sih video ef ko bisa didownload? cara downloadnya gimana nih? :D

      Hapus
    3. capture scren video aja pake atau googling aja cara download this is my story xD mampir di @doodleartshirt coy :D

      Hapus
    4. capture gimana? udah gw cari bang di google gak ada, dikaskus juga pada binggung yang kedetek di idm cuma file audio doangan, ayoalah kasih tau hahaha #berbagiItuIndah wkwkw

      Hapus
    5. googling "bandicam" terus buka videonya, fullscreen lalu capture video dekstop aja.. paham? :D

      Hapus
    6. nah ini gw baru paham :D bang tanya dong buat blockquote yang hitem di situs abang terus kalau kursor diarahin keesana berubah? giman tuh?

      Hapus
    7. lewat edit HTML modifikasi css.nya.. googling banyak kok ntar tinggal di edit :D kalau elum nemu ntar gue bantu. usaha dulu ya :)

      Hapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))