MULTIMEDIA LABORATORY!: Gagal Maning Gagal Maning

11/23/2013

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan kan? pernah, kalau belum pernah berarti itu bukan orang melainkan power ranger atau kalau nggak doi itu titisan ultramilk dan kera sakti, apa hubungannya? ah nggak tau ribet pokoknya kalau dijelasin..

Gue sendiri ngalamin kegagalan udah nggak bisa diitung pake jari berapa kali gue gagal dalam hidup ini *cieelah! gue sendiri bingung antara kegagalan gue terlalu banyak atau gue lupa pernah gagal dalam hal apa aja, sepertinya sih semua opsi alasan tersebut nggak ada yang salah hahaha..

Semester dua kemaren gue pernah cerita soal kegagalan gue mengikuti seleksi asisten lab di kampus, entah gara-gara gue kurang persiapan atau karena gue emang belum layak diterima, lagi-lagi sepertinya alasan tersebut nggak ada yang salah.. BACOK AING!!.. selengkapnya baca DISINI

Sekarang gue udah semester tiga, tangan gue geregetan buat cari-cari lab yang bisa gue ikutin, pilihan tertuju pada lab Multimedia di fakultas Informatika. For your information.. gue ini mahasiswa di fakultas sains jadi gue masuk lab fakultas lain, itu kalau masuk sayangnya gue nggak keterima.


Mau tau proses mulai dari daftar 
sampai akhirnya gue nggak lolos
seleksi lab Multimedia seperti apa, Lanjut?


Awalnya gue kurang mengetahui lab Multimedia itu seperti apa, apakah lab yang punya media lebih dari satu atau lab yang punya banyak fungsi, entah fungsi buat belajar atau fungsi buat tidur-tidur imut karena didalam lab ada sofa empuk, AC dingin, dan TV 50 inch.


Multimedia LAB.

Karena semenjak negara api menyerang mainstream, sekarang gue ganti!. Semenjak Jupe menyerang Depe gue jadi tau apa itu lab Multimedia tentunya dengan bantuan temen kosan @ganariyanzah yang ngajakin gue ikutan Open mind Multimedia Laboratory. Tau open mind nggak? itu semacam pengenalan gitu, udah? bagusss...

Kebetulan banget lab Multimedia ini terdiri dari 4 divisi ada design 2D, 3D, Photography, Videography dan sound design. Ehhh ada 5 yak ternyata, sorry gue khilaf belum makan dari pagi. Gue nggak ambil pusing langsung daftar 2D sesuai sama hobi gue selama ini kan, dan pertempuran dimulai. JENG JENG..

Setelah gue datang ke open mind lab Multimedia, selang seminggu pendaftaran dibuka  JEDER..



Challange Pertama : Membuat Creative CV, Essay Multimedia, Portofolio

Gue sangat antusias bingit! awalnya agak menyepelekan dan menunda-nunda untuk bikin syarat itu, soal CV gue mau pakai CV tahun lalu saat ikut seleksi asisten praktikum fisika dasar, untuk portofolio juga udah banyak tunggal scan atau print, essay tinggal copy dari internet hahaha gampang banget awalnya..

Tetapi semenjak Jupe menyerang, gue kepikiran dengan kata-kata "CREATIVE" CURRICULUM VITAE yang ada pada poster tersebut, dan otak gue nggak mau diajak yang biasa-biasa aja akhirnya gue googling contoh Creative CV akhirnya dapet beberapa pencerahan dari kakek google yang serba ngertiin kebutuhan pencarinya *halah

Empat hari sebelum waktunya submit gue udah mulai design CV gue sendiri, bermodalkan CorelDraw x6 dan Adobe photoshop CS6, mulai dari layout sederhana sampai editing gambar yang bikin mata sepet seharian di depan monitor.

Tanggal 8 oktober, gue kelarin semua template design CV sampai akhirnya gue skip satu mata kuliah hehehe.. gue bikin template juga nggak mulus, laptop tiba-tiba mati sendiri saat file belum di save. ITU B*B* BANGET...

Dari awal gue udah niat buat bikin CV berbentuk buku, setelah design jadi gue susun untuk di print dan dijadiin buku, gue sempet salah layout yang berakibat salahnya susunan halaman alhasil gue rugi 25 ribu coy! itu bisa buat beli nasi kolor deket kosan untuk 4 piring dan masih kembalian!.

Dengan kekuatan tarik menarik matahari dan bulan, akhirnya gue print lagi dengan layout yang baik dan benar, buru-buru sampai dikosan terus gue cari pinjeman jarum sama benang akhirnya ada cewek kosan yang punya. *nggak usah komen*

Srett srettt srettt srettt jahit sana jahit sini, tusuk sana tusuk sini, masukin pelan-pelan keluarin pelan-pelan, sesekali masukin cepet keluarin cepet biar ada variasi. akhirnya jadilah CV gue!!...

creative curriculum vitae by anggitabay
creative curriculum vitae by anggitabay

creative curriculum vitae by anggitabay
creative curriculum vitae by anggitabay

creative curriculum vitae by anggitabay
creative curriculum vitae by anggitabay

creative curriculum vitae by anggitabay
Submit 5 menit masa penghabisan :D

Gue ngumpulin CV di detik-detik terakhir waktu pengumpulan mungkin 5 Menit sebelum Deadline, biar greget gituh ceritanya biar gue bisa ngambil kesaktian Mad Dog sedikit, lumayan nambah jago buat ngelawan banci-banci kircon sampai ngelawan mbak-mbak pijet plus-plus.

Seminggu setelah ngumpulin syarat-syarat itu akhirnya pengumuman lolos tagap pertama juga.. Alhamdulillah nih lolos nggak sia-sia lah bikin CV beribet sendiri pusing kan bro hahaha..




MISSION 1 COMPLETE!

Alhamdulillah NIM gue ada coy... cari aja yang depannya 117 itu cuma gue yang dari Fisika Teknik hakhak.. soalnya yang daftar dari FT nggak banyak hehehe.. Masuk tahap dua saatnya wawancara dan bikin video wawancara.

Challange kedua: Membuat Video profil
dan disertakan alasan "Kenapa Multimedia harus menerima kamu?"

Untuk syarat kedua ini gue agak bingung dan ribet, bikin video ah pakai HP sulit kalau ambil gambar sendiri dikosan nggak ada DSLR juga. Terus aing kudu piye? cari pinjeman Kamera! 

Gue tanya sama temen-temen kosan ada DSLR yang bisa dipinjem sehari apa nggak, pertama gue tanya si A ternyata nggak ada respon okelah fine. Sampai akhirnya ada ibu peri dari lantai atas kosan sebuat saja namannya Firda hahahaha..

"Vir, ada kamera nggak? mau pinjem nih sehari bikin video buat syarat masuk lab"
"Ada bay, cuman baterai lagi dipinjem temen ._."
"Yahh... :(((((("
"Buat kapan emang?"
"Hari kamis harus selesai sih ._."
"Yah mepet banget ya. temen aku paling rabu baru bisa balikin"
"Yahh.. Yaudah kalau gitu fir"

Akkkk... urang teh lieur hayang ngabikin video teh pake naon.. *salto 666 kali*
*10 menit kemudian hape gue bergetar ada SMS

"Bay jadi pinjem kamerannya nggak? katanya mau dianterin temenku baterainya"
"uowww ya jadi dong kakak :DDDD"
"Iya ntar dibawain kebawah kalau udah dianter"
"Hokehh makasihhhh :))))))))))"

Sore setelah itu Firda nganterin kamera ke kamar gue, malemnya langsung bikin buat video intro dan sudah siapin adobe premiere pro 5.5 buat senjata editing. Keesokan harinya gue ngelanjutin bikin video di roof top kosan lantai 4 jam 10 pagi sampai jam 12 siang adzan duhur, kebayang kan betapa dinginnya matahari jam-jam segitu? pffttt..

Hari besoknya setelah pulang kuliah gue lanjutin dengan bikin video lanjutan yang berupa alasan "kenapa multimedia harus menerima kamu?" sekitar jam 11 sampai 12. Sorenya gue mulai editing dengan adobe premiere tentunya level intermediate. FYI ini untuk pertama kalinya gue pegang adobe premiere.. sumfah broo...

Akhirnya jadi juga video gue setelah editing 2 hari 1 malem... 
mau liat videonya seperti apa? nih cekidot broo...


Hari sabtu jumat malem jadwal gue tes wawancara untuk seleksi Lab Multimedia ini, wuuu.. gue diserang 5 orang coy... 3 cewek dan 3 cowok.. ehh itu 6 orang geblek!. Untuk tes wawancara mah selaw gue bisa ngeladenin dan sampai akhirnya yang tanya udah bingung sendiri mau tanya apaan ke gue..

Setelah wawancara langsung tes gambar, gue dikasih waktu 10menit suruh gambar apapun terserah bebas.. gampang kan suruh gambar doang? KAGAK! gue disuruh gambar pakai Pen tablet, dan itu pertama kali gue ngerasain pakai pen tablet.

Gue bingung antara seneng, melongo dan jengkel.. seneng akhirnya bisa nyoba pen tablet, melongo ngelihat pen tablet wacom intuos 5 large yang harganya emm masih mahalan sepeda gue sih hakhak.. terus jengkel karena gue lagi pusing dan kaku banget pakai pen tablet..

Waktu 10 menit nggak berhasil gue manfaatin dengan baik, awalnya mau bikin grafitti letter eh taunya buntu tiba-tiba, terus gue coba gambar monster cuman waktunya udah nggak cukup gara-gara gue kaku banget pakai pen tablet.

Alhasil gue nggak berhasil gambar apa-apa cuman sebatas gambar kasar monster doang, bisa dibilang kalah sama gambaran anak Playgroup yang isinya gunung kembar dua dan ada matahari ditengah terus ada jalan melengkung dari gunung ke bawah. EPIC!


Setelah selesai tes gambar gue lanjut dibully suruh ngapain aja sebagai nilai skill, tawaran pertama gue disuruh niruin dance SNSD what the?! gue tolak, ditanya soal hobi gue jawab main BMX ehh.. gue disuruh ngelakuin trik BMX pakai kursi, lo kira gue autis?! akhirnya gue sit down comedi GAGAL hahaha.. cerita lucu cuman tanpa ekspresi hakhakhak..


Akhirnya 3 minggu setelah itu pengumuman untuk tahap selanjutnya..


NIM gue nggak ada coy... FYI pola-pola diatas itu kode-kode gitu dah, ah... sudah sampai disini doang gue bisa survive seleksi lab Multimedia.

GAGAL BAY?! yoihh... tapi kegagalan bukan akhir semuanya kan, banyak jalan buat menuju ke suatu tempat. Misal lau mau ke jakarta dari surabaya, kalau mau cepet ya langsung naik pesawat dari Juanda ke Soekarno Hatta, atau biar greget bisa nih dari Surabaya dulu ke Papua baru dah ke Jakarta bisa sekalian mampir raja ampat hahahaha..

"Kalau lau gagal itu tandanya harus berusaha lebih keras lagi,
lau dikasih waktu untuk berusaha
dan nggak gagal untuk kedua kalinya"

Hemphh... udah panjang bener nih gue ngetiknya, daripada bosen duluan mending gue udahin dulu yak postingan ini hehehe.. Intinya jangan merasa kalah kalau udah gagal, terus berusaha bray heuheu..

Buat kalian yang pernah punya cerita gagal atau bahkan cerita nggak pernah gagal dalam hidup ini silahkan share di comment box, bebas juga kalau mau komen atau kritik Creative CV gue atau video profil yang sederhana banget... DADAAAAAAA(H)....

You Might Also Like

35 Komentar

  1. Baca ini jadi keingetan masa-masa jungkir balik perjuangan masuk univ bang hehehe. yah semuanya pasti ada kalanya gagal, tapi ngga boleh loyo dooong harus bangkit lagi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyeee miba detected xD semangat dong teteppp hahhahaa..

      Hapus
  2. nydimaxx sobb . . .
    mampir di http://loepanama.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaperlu ngelink udah dikunjungi balik pasti :D

      Hapus
  3. setdaah pdhl kyknya udah gaspol ya usahanya Bay...itu yang keterima kek apa gaspolnya (o.o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue nggak dapet nilai saat praktek pakai pentab dan pas nunjukin talent kayaknya hahhaa... yang wawancarain gue aja gue kasih liat blog ini nggak percaya hahaha xD

      Hapus
  4. nggak percaya gimana bang?? hahaha gue gagal waktu ikut jacket desain kompetisi baru pertama kali sih ikt lomba desain x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha menang itu bonus. karena itu bukan tujuan satu satunya hidup :p

      Hapus
  5. Beasiswa paling selalu gagal, belum pernah dapet satu pun.
    Kalau oprec kepanitiaan mah selalu masuk, malah sekarang mah direkrut otomatis sama panitianya. Haha. *ketawa songong*

    Wih yg masuk ML pada mastah-mastah berarti nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kepanitiaan mah masih di bawah lab status sulitnya :)

      Hapus
  6. semangat bay, tapi keren loh bisa sampe tahap terakhir, tp kegagalan adalah guru yg paling hebat untuk meraih kesuksesan :)

    BalasHapus
  7. Itu apaan tes masuk lab malah pake disuruh niruin jogetnya SNSD. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu perlu dipertanyakan hahahha

      Hapus
  8. Gambar-gambar lo bikin gue ngiler. Ica kalee digambarin. :v hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha bisa kok bisa email aja kita bicarakan lagi :p

      Hapus
  9. Ganbatte! :D *singkat padat jelas*

    BalasHapus
  10. Demi, apa? yang nyuruh tes kayak gitu. Asli, lagi sakit tuh. Hahaha.
    Bilang aja lo bisa breakdance, bay. Nanti lo tinggal guncir balik dua kali. Nah, selesai. Insya allah lolos. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue mau bilang capoeira tapi ntar gue dikira songong.. jadi yasudah lah yahhhh :p

      Hapus
  11. Wuuuihh Lab-nya keren. Semoga jadian sama Firda ya *kabuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrr

    BalasHapus
  12. kalo lu passed lg, msh ada ujian yg lain vroh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal bikin tugas kelompok dan itu pasti lolos wkwkwk..

      Hapus
  13. dari video buatan lo aja ngomongnya udah kaku bay. gue nggak bisa bayangin kalo lo interview sama ke 6 orang tadi ekspresi lo kyk apa xD
    but, nice try lahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sorry men kalau wawancara gue selaw banget.. nggak ada kamus kaku hehehe.. ini mau submit fakultas tetangga xD

      Hapus
  14. keren ya itu CV lo. haha
    ambil hikmahnya aja bay. semua orang pasti pernah ngalamin kegagalan.
    btw, kalau yang nanya uda bingung, gantian lo yang tanyain mereka seharusnya.
    haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo kalau itu jelas.. di nilai praktek gue yang gaada wkwkwk

      Hapus
  15. Gue sering banget gagal. Apa lagi gagal mengerti kamu lebih lanjut hahahahaba

    BalasHapus
  16. gua malah berkali-kali gagal kak.. emang betul kata kakak semua diatas.. :)

    BalasHapus
  17. Semangat mas...
    besok ada pintu kesempatan lain kebuka buat mas nya...
    Follback dongs... tugas nih :D
    *maksa...

    BalasHapus
  18. itu poster terakhir sandi pramuka gitu ya :v ?
    kayanya ada deh lo bang, cuman lu gak bisa aja baca kodenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak ada brooo emang, udah dicocokin kok :D

      Hapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))