Doodleart : Terkadang Warna Itu Perlu.

3/06/2014

Lama rasanya gue nggak gambar ataupun ngepost tentang gambar-menggambar di blog, mungkin terakhir tahun lalu. Nah, dimoment yang cukup padat kegiatan gue mau membeberkan permasalahan, perselisihan dikalangan art society.



Sebelum kita lanjut gue disini nggak bermaksud menghasut atau memerangi golongan art society, gue cuman pengen ngeblog tentunya dengan konspirasi tersemat dengan nyaman disetiap kata-kata gue hehehe.. tapi tenang, ambil yang menurut kalian bagus saja, kalau nggak silahkan bakar layar monitor ini dan bergegaslah menangis dibawah rintik-rintik hujan. sambil bayangin mantan.. CIEEEE!!


Oke kali ini serius..

Sudah tau yang namanya doodle art kan? kalau lau sering buka-buka blog gue mungkin ini udah nggak asing, untuk pengertian doodle art secara jelas gue nggak mau ikutan berdebat sama orang-orang diluar sana yang saling mengadu argumen untuk mendeskripsikan "Apa itu DOODLE ART?".


Disini gue bakal bahas sama unsur dalam doodle art atau seni gambar yang lain, yaitu warna. Banyak diantara kalian yang mungkin lebih suka gambar hitam putih, atau gambar berwarna yang bikin mata seger ya itulah perbedaan kita #EAAAAA



Ngomong-ngomong soal warna, gue beranggapan kalau warna itu lebih mensugesti orang untuk memilih atau enggak. Misal cewek kalau mau beli kancut disuruh pilih warna hitam atau warna kuning pasti milih warna hitam karena katanya sih seksehhh broo... oke ngaco sebentar. Intinya warna sangat perpengaruh terhadap penilaian dalam sebuah hal, yang gue maksud gambar, jadi kalau gambar lau nggak keren hanya dengan hitam-putih maka tambahin warna biar keren wkwkwkw..



Langsung aja deh contoh...

Anggitabay the chameleonboys
2 Warna vs 4 Warna
Nah.. gue sih lebih memilih yang berwarna karena hidup gue nggak mau hampa seperti ruangan diantariksa sana ehehehe.. tetapi gue juga suka gambar-gambar yang berhasil keren dengan 1 warna, biasanya sih pelaku kriminal seperti ini suka warna hitam-putih saja. *biasannya loh ya...


ASTRONAUTBOYS yang terlanjur keren dengan gaya "Black and White or nothing"

Gimana? keren banget yang jelas. Nah sekarang kembali ke pokok bahasan. Ehh.. bahas apaan sih tadi? Hahahhaa teuing lah, intinya mau berwarna atau hitam putih tetep sama-sama bagusnya, hanya saja jika pengen nambahin sesuatu yang dapat membuat gambar lau jadi makin keren coba tambahin warna, karena hidup ini penuh warna brooo #apeu

"Hidup ini indah karena ada perbedaan, makannya jangan disama-samain" - kata tangan gue

Sekarang gue kasih beberapa pencerahan bagi yang pengen ngewarnain doodle atau gambarnya mengenai beberapa opsi yang bisa lau coba untuk membuat doodle art  atau gambar apapun menjadi lebih asik serta nyaman dilihat dan bisa dijual lebih mahal hehehe.. 

1. MARKER

Jujur gue belom pernah ngewarnai doodle memakai marker apapun, gue pernah menggambar dan mewarnain pakai spidol itu saat TK dengan menggambar gunung kembar yang muncul dedeknya ditengah gunung hehehe.. *apeu

Untuk marker kalian bisa cobain mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. INGAT, belilah barang yang sekiranya perlu dan bermanfaat buat kamu jangan asal pengen dan beli seperti gue *kadang-kadang sih.. namanya juga pengen ya hehehe..

Untuk marker yang standart indonesia paling banyakan ya keluaran Faber Castell ada COPIC tapi juga jarang kan,  paling banyak ya Snowma yang dari jaman gue TK sampai sekarang masih eksis.. untuk marker premium lo bisa coba stylefile marker, Montana atau Molotow yang harganya sepaket isi 12 warna bisa hampir 500rb rupiah coy...

stylefile - anggitabay the CHAMELEONBOYS
www.stylefilemarker.com

molotow - anggitabay the CHAMELEONBOYS
www.molotow.com
Artist Indonesia sering memakai stylefile biasanya anak-anak graffiti, seperti visual artist singapore Mr.Eman a.k.a CLOGTWO atau KATUN dari malaysia juga menggunakan stylefile marker untuk render beberapa gambar mereka. Art clothing yang memakai produk molotow itu seperti BOBSMADE yang basenya di Jerman, eitss.. tetapi 2 artistnya dari asia, si ANNATAR orang Thailand sama PIKA orang Surabaya Indonesia!. Kalau di Indonesia pengen beli marker-marker premium tadi silahkan menuju DRIPSNDROPS bisa lewat web atau dateng ke storenya di Bandung.

2. ACRYLIC

Yoman... acrylic merupakan cat yang gampang banget ditemuin, jika lau mau gambar berwarna dengan gradasi yang gampang bisa menggunakan cat acrylic. Di Indonesia juga gampang banget nyari cat jenis ini mulai toko buku gede sampai fotocopyan juga terkadang jual cat acrylic hehehe..

Untuk pemakaian acrylic yang bagus biasanya harganya juga bagus, emang nggak bisa dibohongin kalau ada uang ada barang. Cat acrylic bisa juga lau buat nge doodle di sepatu, kanvas atau pengen buang duit ya di tembok juga boleh hehehe..

montana acrylic
www.montana-cans.com

Semakin mahal harga acrylic biasanya kualitas juga bagus, seperti gampang untuk ngeblend sama warnanya solid nggak transparan. Acrylic yang berbentuk marker juga ada kok seperti MOLOTO ONE4ALL, On The Run dan MONTANA, harga satu warna untuk Montana 180ml (refill) di DND 200rb bro.. hehehe..

3. DIGITAL

Cara memberi warna pada gambar doodle atau gambar lainnya menurut gue adalah DIGITAL! memang sih sensasinya nggak se greget manual, tetapi dengan digital lo bisa menghemat uangmu untuk keperluan yang lain, ngasih kancut ke mantan mungkin.

Digital coloring beragam, dari yang simple memakai mouse atau memakai touch di smartphone sampai yang modal dikit pakai pen tablet. Bagi yang pertama kali mewarnain pakai mouse atau pen tablet pasti agak kaku *padahal gue curhat,.

Blogger yang gue kenal sering main coloring digital seperti Shakti Nugroho, Yoko Bomb dan doodler FODA Ivan Ardiansyah, mereka memiliki karya yang keren dengan teknik digital mereka sendiri.

Software yang bisa digunakan juga beragam mulai dari yang simple seperti SAI sampai ribet seperti Photoshop CS series, kalau buat gue sih lebih ribet SAI karena gue nggak pernah pakai jadi ya nggak paham. Untuk warna kalian bisa gunain colour chart dari berbagai merek marker atau ink seperti montana, molotow dan stylefile.

nih yang biasa gue pakai buat digital coloring.

montana black chart
Montana black colour by montana-cans.com
Kenapa gue lebih suka produk luar yang berbau graffiti? karena gue suka warna-warna yang nggak biasa, dan kebanyakan ink atau marker yang diproduksi oleh montana, molotow, ironlak, stylefile itu aneh, ada yang warna cerah, redup bahkan warna nanggung hehehe..

Okelah... sekian tips dari gue kali ini, nah sekarang gue mau ngasih info buat kalian yang suka dengan barang limited, unik, nggak pasaran dan tentunya keren..

DOODLEINZIG yang merupakan re-branding dari doodleartshirt sekarang udah open pre-order untuk 4th Edition. Kali ini ada 4 design keren dari DOODLEINZIG untuk lau semua disertai dengan box packaging yang super awesomeness!

DOODLEINZIG! World
DOODLEINZIG! 4th Edition

Yepppp... Pre-order DOODLEINZIG tinggal tersisa 3 hari lagi ( valid: until 9 March 2014 ) dan design DOODLEINZIG nggak di produksi ulang bro.. limited! yoppp bagi yang minat silahkan contact langsung twitter @doodleinzig.

Sekian dulu postingan soal warna dan info DOODLEINZIG, yang bilang promosi ya berarti abis ini beli hahahha.. Kalau ada pertanyaan, saran atau apapun tulis saja dikotak komentar bebas.. ntar kita main blogwalking gantian hahahaha :p

You Might Also Like

9 Komentar

  1. Kereeeen! Itu orang matanya jeli amat yak bikin detail pake drawing pen sekecil 0.05 gitu.. (.__.")/

    BalasHapus
  2. Duh awam masalah beginian hehehe tapi pengalamanku selama ini ngerasa gambarnya lumayan, eh setelah diwarnain malah jadi mengerikan hahaha.
    Good Job, Bang! Semoga sukses dan banyak yang pesen kaosnya ya :))

    BalasHapus
  3. Dari dulu pingin bisa doodle, tapi gak bisa-bisa.. Pas dicobain hasilnya absurd -_-

    BalasHapus
  4. setelah gua liat ini postingan, gua langsung cek di youtube tentang marker stylefile marker dll yang udah lu sebut diatas, menurut gua stylefile marker ini yang paling bagus, karena warna ga terlalu mencolok & kalo untuk manga sendiri gua udah cek, yang bagus itu pake copic marker, hasil nya ajib banget, lebih dari stylefile marker.

    BalasHapus
  5. ampun dah, jago amat bikin doodlenya. :D

    BalasHapus
  6. Kereen. mind to follback?:) visit blog-ku ya www.badanbengkak.blogspot.com. thanks:):)

    BalasHapus
  7. Widih sumpah keren banget artworknya...

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))