#MesakkeKancaku: Alasan Mereka Memilih Menjadi 'Putih'

4/10/2014

Sejak jam 01.30 gue udah melek dan siap buat nyoblos putaran pertama tapi ternyata TPS masih diisi bapak-bapak yang lagi asik nonton Real Madrid lawan Dortmund, karena gue bete sama petugas TPSnya gue balik lagi ke kosan dan ngikutin juga nonton Madrid yang ngasih goal ke Dortmund 2-0. Tetapi tetap Madrid yang lolos semi final.

"Tereng tong teng.. tereng tong teng.." kira-kira seperti itu suara alarm gue yang berbunyi tepat jam tujuh pagi.

Gue ingat betul sebagai calon DPK ( Daftar Pemilih Khusus ) yang belum menyerahkan data pemilih pindahan harus datang di TPS antara jam 7-9 untuk mendaftar jadi DPK tambahan, tetapi karena gue nyantai maka sebelum ke TPS gue nari tor-tor dulu pakai koteka dari batang kaktus afrika.

Sebagai DPK gue harus datang lagi ke TPS sejam sebelum penutupan TPS untuk mencoblos, udah tuh jam 12 lewat gue sudah dibilik suara buat coblos. Ngeliat pilihan caleg dan partai imajinasi gue mendadak liar, membayangkan kolom caleg ibarat akuarium pijat plus-plus aja. Seger! :p

"Lo nggak coblos sob?" Itulah pertanyaan temen gue untuk temen gue satunya, ya anggap saja si Tapir tanya sama si Tupai. 

"Woy, nih gue nyoblos sama cewek cakep!" Gue nyaut aja kayak ababil lagi kesetanan.
Tiba,tiba gue mendapati celana gue udah basah.. ah ternyata gue tadi mimpi 'nyoblos'. 

Wah si kampret nggak tau diri!, santai coy...

Ada yang percaya?
Ya nggak lah, faktanya abis nonton Madrid gue menjalankan ibadah terus tidur, bangun bangun jam 12 terus nggak sengaja merem lagi sampai jam 2 lewat gue baru bener-bener melek. Jadi gue terpaksa golput nggak disengaja. Lagian nggak ada juga yang mau nari tor-tor pakai koteka!.

Percakapan si Tapir dan Tupai tadi ternyata terjadi saat gue masih merem-melek.
Cerita diatas itu cuman di lebayin dikit aja, biar seru gitu~ HAHAHAHA.

Pemilu tahap pertama baru aja selesai dan hasil quick qount juga udah bertebaran dimana-mana, seperti iklan koteka berrenda dengan label victoria secret, banyak juga yang pada upload di instagram foto jari abis kejepit pintu, sampai titit dicelup tinta pemilu juga ada. nggak percaya? buktikan sendiri, ubek-ubek instagram sana.

Dalam hal pemilu golput masih aja banyak dijumpai entah disengaja atau tidak, intinya sih sama aja nggak melakukan pemilu.

"Woy Tapir lo nyoblos kagak besok?" Gue nanya sama temen gue yang mukanya lebih keren daripada Tapir :D
"Kagak ah, ntar aja gue nyoblos pas pemilihan presiden" si Tapir menjawab dengan santai.
"Kalau lo nunggu pas milih presiden doang berarti lo rugi setengah, karena tinggal memilih pilihan yang disediakan. Ibarat lo cebok tinggal disuruh pilih mau pakai tissue atau daun kaktus. Sakit!." Gue manjawab dengan sok-sokan banget dan agak dibikin lebay begitulah.

source


Nah sekarang gue mau mengutarakan beberapa pemikiran gue, kenapa sih orang pada memilih menjadi golput. Tentunya disini gue nggak mau menghasut kalian untuk tetap golput, melainkan menawarkan solusi yang dapat lo pada coba nanti untuk pemilihan presiden dan wakilnya.

1. Kurang Percaya Dengan Partai.
"Woy Tapir lo besok nyoblos nggak?, partai apa nih menurut lo yang cocok?" Pertanyaan santai gue tujukan pada si om Tapir
"Halah, nggak nyoblos deh.. partai sama aja, sama-sama php mele..", Tapir menjawab pertanyaan gue dengan serius, wajah udah kayak Tapir sesungguhnya.
"Lah php gimana pir?" 
"Partai itu tahun pertama eneng-seneng, tahun ke 2 nyusun program, tahun ke 3 rapat program, tahun ke 4 masih rapat program, tahun ke 5 udah sibuk ngurusin pemilu lagi. Jadi php mele tuh parpol" Tapir menjawab dengan pemikiran yang ya begitulah..
"......" Gue di skak dan terpaksa nelen biji kedondong.

Banyak memang yang makin nggak percaya sama partai politik semuanya di cap nggak baik, tapi percayalah diantara sifat nggak baiknya yang beragam pasti terselip jigong kebaikan ditubuh partai tersebut. Jadi carilah jigong emas yang terselip tadi, pakai google map kek.

2. Nggak Tau Mau Pilih Mana.
Hampir pada pemilihan caleg itu nggak ada yang tau dan kenal calon-calon yang bakal kita pilih, ya iyalah dalam satu partai aja bisa sampai belasan caleg. Hemm.. kemaren yang nyoblos masih inget nggak nama caleg yang dicoblos? kalau calek DPD sih kebanyakan inget soalnya ada foto, nah kalau caleg kota lo? bejibun dan cuma nama doang. Coba gue nyaleg dengan nama Anggita Bayu, pasti gue dikira pasangan presiden dan wapres yang salah dalam pencetakan surat suara wkwkwk...

Hal yang bisa dilakuin kalau belum tahu nama-nama caleg di dapil lo tentunya dengan mencari info sebanyak-banyaknya, pakailah google dengan bijak lagian portal-portal yang mendukung caleg-caleg recommended telah banyak contohnya bersih2014.net. Jangan internetan buka twitter mantan gebetan mulu kerjaannya.

3. Kurang Percaya Sama Calon Pemimpin.
"Gimana nih kira-kira calon presiden kali ini?" Gue nanya si Tupai yang lagi asik goyang itik.
"Halah mulutnya manis seperti gula asli madagaskar, pada pinter janji urusan nepati bagi mereka belakangan, nggak percaya lah sama mereka. Gue percayanya cuman sama tuhan" Tupai sedikit curhat..
"......."

Nggak percaya sama pemimpin? yaudah lo aja yang menjadi pemimpin gimana?. Kalau lo nggak bisa jadi pemimpin dan nggak percaya sama calon pemimpin yang ada minimal lo melakukan sesuatu untuk bangsamu ini, iya bangsamu yang akan semakin hancur sampai tahun 2025 meurut kode ilmiah metaphysics pak Arkand. Kalau nggak tau googling sana... :p

4. Orang Iseng.
Barisan orang iseng biasanya dateng ke TPS terus mencoblos semua caleg yang kece atau seksi gitu. Sekarang kan banyak penyanyi dangdut yang nyaleg, awalnya pakaian seksi paha sama teteknya kemana-mana setelah nyaleg mereka jadi kerudungan.. eaaa~~

Orang iseng kadang juga bisa bawa spodol dari rumah ke TPS sampai dibilik suara gambarnya di coret-coret, entah diberi kumis atau tahi lalat di bibir baru dicoblos.

"Barisan iseng ternyata kreatif juga.. "
"....."

5. Ketiduran.
Alasan golput terakhir yaitu karena ketiduran, ya ini gue alamin, bangun setelah TPS sudah melakukan penghitungan suara. Gue parah memang.. 
Udah gitu aja.

Nah dari kelima tadi mana yang menjadi alasan lo golput?, kalau gue jujur nggak sengaja ketiduran karena melemnya nonton Madrid. Nggak percaya? ya harus percaya. 

Perlu diingat gue disini nggak ngerasa sok bener dan sok ngerti, ini hanya cara pemikiran gue. Tentunya bagi lo pada manusia yang cerdas harusnya nggak menelan mentah-mentah tulisan gue ini, ambil yang baik buang yang buruk..

Nih theme song pemilu favorit gue dari kompas hahaha..


Okelah sekian dulu postingan gue, ada alasan golput lain? sok atuh tulis di kotak komentar, nanti gue laporin ke KPU terdekat untuk diberi point skosring ke suriname :D

Pssstt... jangan lupa pemilihan putaran kedua yak, pilih presiden untuk bangsamu :D

Kalau kamu teriak Indonesia negara goblok
tanpa lo melakukan sesuatu untuk Indonesia lebih baik,
Lo curang kawan.

You Might Also Like

23 Komentar

  1. Biasanya, GOLPUT itu karena "Nggak Tau Mau Pilih Mana". Kayak di lingkungan gue, byk gak tau mau pilih yg mana soalnya mereka gk kenal sama caleg-nya. Untungnya, di lingkuan gue (sepertinya) gak ada yang golput. :)


    http://www.ilhamkusumaning.com/

    BalasHapus
  2. Kalo di TPSnya banyak makanan bakal dikit yang golput bang :p hahaha gue nggak nyoblos nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha banyak sih tapi rela bagi-bagi? :)

      Hapus
    2. 6. Berpergian
      Bisa aja... Kebanyakan memang ya gitu, orang pada skeptis sama politik. Bener itu 'nggak percaya sama pemimpin' , karena banyak pejabat yang udah jelas-jelas korupsi, masuk tahanan KPK, masih aja tetep bisa senyum cengengesan gitu. Semoga Indonesia jadi makin makin makin .... :3

      Hapus
  3. Jangan GOLPUT (Golongan Putus Asa) lebih baik GOLOP (Golongan Optimis) 8-)

    BalasHapus
  4. daripada salah pilih, mending golput aja... karna pilihan kita menentukan masa depan bangsa, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya kita udah mencoba daripada nggak sama sekali

      Hapus
  5. gue sih tahun ini pertama kali nyoblos bang jadi kurang tahu dah calon-calonnya itu kalau partai sih udah ada beberapa yang srek sama gue *asik #pencoblospemula

    BalasHapus
  6. lah, baru tau kalau ada DPK, tau gitu nyoblos deh di TPS sekitar kosan.
    alasan golput aku ya ini, nggak tau kalau ada DPK ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti jangan golput lagi ya neng :)

      Hapus
  7. Gue selalu pilih putih, karena gue dukung Madrid. Gubrak.

    Sama kayak pemilu caleg, untuk calon presiden nanti, gue udah tau mau nyoblos siapa.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yookk gue fokus dimadridnya *tos

      Hapus
  8. Gue baru pertamakali nyoblos, namun gak ada kesan yang baik nih.
    Serangan fajar yang katanya sering dilontarkan, gue sama sekali belum kebagian.
    Ah.... hidup ini gak adil! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue selalu sembunyi dalam sarung kalau diserang :3

      Hapus
  9. Gue harap lo gak menyalahkan diri lo sendiri karena gak nyoblos,bay. itu bukan salah lo kok, itu salah mereka karena nggak nungguin lo bangun.
    Jujur, gue juga gak tau siapa yang mau gue coblos, tapi gue tetep nyoblos. Makanya, pas nyoblos, gue nyoblosnya sambil merem dan langsung ngelipet kertasnya biar gue gak tau siapa yang gue coblos. Ini agak dilebayin dikit aja, biar seru gitu~ HAHAHA :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue udah ada pilihan partai, lagian juga nggak bakal nyoblos caleg juga hahaha.. suara hanya untuk partai :3

      Hapus
  10. nah ituuu,emang susah itu kalo ketiduran emang deh..
    petugas TPS nya gak bangunin lagi kan ya?
    :D

    BalasHapus
  11. Hemm, mungkin karena katanya "putih" itu suci Broh, makanya daripada milih partai yang berwarna-warni mending milih yg putih-putih aja, lebih suci, hehe

    BalasHapus
  12. Hahaha yang iseng emang ada aja tuh orang yang begtiu, kurang kerjaan banget :))

    BalasHapus
  13. Biasanya sih caleg yang ngasih sumbangan banyak, jadi dia pilih aja semuanya. :|

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))