#MesakkeKancaku: KAWAN, DARIPADA SALING SERANG MENDING SALING SAYANG

6/11/2014

Sekarang lagi panas banget bahas soal Capres, sayangnya Cawapresnya kalah ngehits wkwk.. Sabar jangan terguncyang dulu disini gue nggak mau ikutan kampanye unyu seperti portal-portal berita yang rajin update berita dan isu tetapi belum tentu benarnya.

Mesakke Kancaku


Eitss, Portal-portal berita dari yang berbasis koran media massa sampai portal agama sekarang gencar menerbitkan artikel-artikel yang terkadang menjatuhkan atau menaikkan salah satu pihak. FYI, portal berita juga bisa disogok kalee.. lau kira cuman gue yang bisa disogok pakai perhatian WALACH!..

Kali ini gue mau berbagi tips buat kalian agar menjadi SDM yang terhindar dari ajakan sesat, punya pendirian dan nggak asal telan biji kedondong. Lanjut?


1. Jangan asal terima apa yang kita ketahui pertama kali.
Entah di facebook, twitter atau bahkan path sekarang banyak bertebaran informasi-informasi mengenai capres, entah itu dari buzzer atau dari teman kalian. Jangan terima mentah-mentah informasi yang kamu dapat pertama kali karena belum tentu itu benar.

Lebih baik mencari informasi tambahan dari masing-masing poin artikel yang lau dapat. Misal info yang lo dapat "Anggitabay merupakan pelaku cabul terhadap tembok kampus", dari situ lo cari tahu siapa sih anggitabay, apa sih hobinya dia, siapa pacar dia. Get It? Gitu..

2. Kurangi Baca Portal Abal-Abal.
Seperti diawal yang gue bilang bahwa nggak semua portal berita yang ada mempunyai sumber yang benar dan berdasarkan fakta, entah itu portal media massa yang ngehits atau po Misal ada berita "Pak dodo diculik oleh pak bowo karena belum bayar makan di angkringan" jangan sampai lau telan mentah-mentah.

Putri UNA emang juara :*
SETIAP HARI KAKAK...

Artikel-artikel di internet banyak menggunakan kalimat menghasut, disini menguji kalian apakah pelajaran bahasa Indonesia sewaktu sekolah diserap dengan baik. Jangan jadikan artikel internet sebagai satu-satunya sumber informasi, tapi jadikan juga artikel internet sebagai media belajar. ASEEKK..

3. Jadikan Meme-Meme Hanya Sebagai Hiburan
Sekarang makin banyak aja meme-meme lucu, nggak terkecuali meme yang menyudutkan capres.. yang cawapres masih jarang sih haha..

Meme-meme juga digunakan sebagai media kompor oleh kelompok fanatik, entar meme membahas kejombloan om bowo atau meme mencium kuda bahkan meme memakai sepatu. Paling nggak punya aturan yaitu meme yang mengedit foto misal foto jokowi digendong oma megawati, kalau orang punya akal sih nggak bakal ngegubris yang seperti itu.

Ambil positifnya aja, jadikan meme sebagai ajang kreatifitas bukan ajang ejekan.

4. Kalau Nonton TV di MUTE Aja
Selain media cetak atau artikel online, Televisi juga nggak lepas dari provokasi secara verbal yang mengarahkan kita ke salah satu kubu. Misal headline sebuah acara terulis "Om Joko Cuti Dari Jabatan" tetapi news anchor bilang "Om Joko cuti dari jabatan sebagai gubernur solo karena masa jabatan SBY hampir habis".

Yakaleee.. Ini juga salah satu wahan biar kita main cerdan nggak termakan gosip-gosip media. Kita harusnya cuman percayaterhadap faktanya bukan malah opininya, dari contoh diatas faktanya cuman "Om joko Cuti Dari Jabatan" udah itu aja nggak lebih. Get it?


5. Jangan Terlalu Fanatik

Oke, yang terakhir adalah jadi SDM yang jangan terlalu fanatik terhadap satu kubu, boleh menyampaikan pendapat tetapi dengan cara-cara yang baik.

Tetapi fanatik atau enggak itu masing-masing orang punya tolak ukur sendiri, gue dibilang fanatik sama temen karena memakai avatar sejuta umat ditambah sering ngetweet capres akhir-akhir ini. Padahal gue ngomong apa yang ada dipikiran gue, dan tentunya nggak terlepas dari one sided.

Jika kalian terlalu fanatik maka kalian akan berubah menjadi SDM yang nggak perduli lagi atas

6. Daripada Saling Serang, Mending Saling Sayang.
Yang terakhir, jangan sampai kita saling adu argumen yang nggak jelas asal usaul dan nggak ada fakta yang mendukung. Menyampaikan opini boleh, kalau "mengarang" sebuah fakta itu yang nggak boleh.


Saling Sayang Sama Nabillah :*
HAYUKKKKK..!

Artikel-artikel internet juga sangat menyesatkan dimana saling adu domba kalian sesuai dengan bayaran yang diterima. Percayalah, mereka nggak bakal update berita kalau nggak dapet duit serius deh. :)


Sekarang portal agama aja membawa 'sara' ke permasalahan sampai-sampai ada fatwa haram untuk memilih calon tertentu, padahal dalam pelajaran agama apapun diajarkan untuk saling menghormati dan ada kalimat "Bagiku agamaku, bagimu agamamu" Bener nggak sih? :)

Tentunya sih SDM seharusnya paham dan bisa kritis untuk melihat celah titik terang hahaha..
Oke, Sundul sayang, kecup manja, iris tipis, potong manis, shikat miring... :*

Yemee.. postingan gue kali ini bukan bermaksud provokasi, melainkan mengajak untuk tidak mudah terpengaruh artikel-artikel abal biar kalian nggak saling musuhan, temen gue saking terlaku fanatiknya setiap hari ngepost artikel-artikel negatif tentang salah satu capres dan kebanyakan dari portal-portal sampah. 

Kalau masih bingung buat memilih siapa calon presiden nanti, banyaklah menonton berita khususnya metro tv, atau kompas, atau Net TV. Menurut gue stasiun TV tadi masih "agak" netral, sedangkan TV yang lain sudah terlalu terkontaminasi. Eh.. RCTI sepertinya netral karena Kuis WIN-HT udah nggak berlaku nggahaha..

Kalau mau lebih netral lagi cari berita di youtube dari channel luar negeri seperti AL JAZEERA TV.
Daripada ribut artikel capres mending baca artikel ngehits di CHAMELEONBOYS.COM wkwkwk.. 

Pict Source:
http://showbiz.liputan6.com/read/707104/nabilah-jkt48-vs-anisa-cherry-belle-lebih-naksir-mana
http://photoshootsbloger.blogspot.com/2013/07/putri-una-for-maxim-indonesia-june-2013_3416.html

You Might Also Like

25 Komentar

  1. Keren! mending kita saling sayang.. yuk.. *Buka pintu kamar*

    BalasHapus
  2. KEREN ABISS . bisa mampir di blog gw tuh marcelliusrangga.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Portal berita abal-abal sih makin meraja lela disaat seperti ini. Gilaaaa, susah mencari mana yang benar-benar objective dan mana yang subjective. Ah aku menikmati sajalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending baca blog gue kan yak wkwk

      Hapus
  4. yang nomer.4 bener bgt tuh, sekarang banyak berita di tv yang menyajikan opini bukan fakta. apalagi klo yang punya stasiun tv salah satu petinggi partai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang harusnya tau bro, cuman fanatik dan orang yang nggak mau tau aja yang nggak paham ginian hehe

      Hapus
  5. Karena udah gede, jadi bisalah jangan mudah terpengaruh :)

    #sikap

    BalasHapus
  6. iya nih buka meme hanya sebagai hiburan, biasanya gue buka 1CAK, dan anehnya lagi ini gak ada yang tanya.

    BalasHapus
  7. Aku salah fokus sama Nabilahnya yang mirip Pevita. Gimana nih :(

    BalasHapus
  8. Setuju sama kak bayu meskipun belum punya hak pilih ._.)/

    BalasHapus
  9. keren bang, cara penulisan nya rapi!

    BalasHapus
  10. weheheheh, endingnya kurang ajar :D
    aku setuju yang mute tv, kalau udah selesai berita capresnya di unmute lagi :D

    BalasHapus
  11. Seharusnya sih, demokrasi kita diubah menjadi siapa diantara si calon - calon ini yang paling baik, bukan siapa yang paling buruk citranya. Nah, jadinya kan para calon bakal beradu visi misi dengan tindakan nyata, bukan beradu argumen untuk saling menjatuhkan. Begitu... *duh saya kok sok ngerti*

    BalasHapus
  12. poin nomor 5! banyak selebtwit di TL gue yg jelekin lawan, padahal kalau mau ya bagusin pilihannya aja ya. jadi curiga banyak agen panasbung di twitter gue~

    BalasHapus
  13. Mesakke kancaku itu bahasa apa? Heuheu ngeri kalau misalnya ini semua rame di dunia maya aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Kasihan temenku" gitu bro artinya..

      Hapus
  14. Itu poin nomer 4 kaya pernah denger di stand up comedy, bit nya Samy notaslimbloy bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya? gue mengambilnya dari MDB bro.. :D

      Hapus
  15. mesakke itu artinya apa bang ?

    BalasHapus
  16. Bagus! Mari sayang-sayangan daripada menjomlo terlalu lama. #AmbilSikap.

    BalasHapus
  17. Haha.. tipsnya ngena banget bang. Telat baca nih gue -_-

    BalasHapus
  18. Masalah nomor 4. Justru kadang judul beritanya loh yang dibikin sok meledak, padahal isinya gak nyambung sama judulnya.

    BalasHapus
  19. Sayaaang banget sama foto diatas *salah fokus

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))