TEKNIK FISIKA: KAMI SEKARANG BEDA

12/23/2014

Tahun 2012 gue menjadi mahasiswa baru di prodi teknik fisika Institut Teknologi Telkom, perjalanan dari SMA sampai akhirnya resmi jadi maba dengan mengikuti ospek punya banyak cerita, mulai bingung pilih mau daftar mana sampai bingung mau daftar ulang yang mana, Hasyek~ buat ceritanya kalian bisa baca di sini Bukan Waktunya Galau Kuliah

Saat pertama masuk jadi anak teknik fisika gue kan kenal sama cewek namanya shavira mahasiswi prodi tetangga kenalanya kan diparkiran dengan gaya frezzing ciri khas sinetron dan FTV masa kini dan mungkin masa yang akan datang juga.

"Ehhh kamu bayu?"
"Haa? iya"
"Dulu SMP 2 ya?"
"Lah iya, kok tau?"
"Kan aku juga SMP 2"
"Oiya? walah hahaha"

Eh ternyata dia dulu satu SMP sama gue tapi dulu nggak kenal hanya sebatas tau. Terus apa hubungannya kenalan sama shavira sama Teknik Fisika?. Sebelumnya gue mau ucapin makasih banget udah baca sampai sini dimana bagian ini sepertinya nggak ada penting-pentingnya hehe.. Daripada kebanyakan ngawur gue jujur aja sebenarnya nggak ada hubungan sama sekali kenalan sama mbak shavira tadi sama prodi gue Teknik Fisika. huehue..

Mau tau tentang teknik fisika universitas telkom yang sebenarnya? tentunya versi gue. Lanjut baca yass..

Okay sebelum bahas apa bedanya dulu dan sekarang, gue mau sedikit melatih ingatan dari semester satu sampai semester 5 ini.

DULU ( SEMESTER SATU )

Sebelum menginjakkan kaki di Bandung sebagai mahasiswa teknik fisika di IT Telkom gue terlebih dahulu mencari mahasiswa-mahasiwa senior di prodi ini ketemu sama kak Riza Hadi, dia angkatan 2009 yang merupakan angkatan pertama di teknik fisika ini. Dari kak Riza gue dapat banyak informasi soal teknik fisika dan kehidupan mahasiswa disini, karena itulah gue yakin mengambil daftar ulang di prodi ini. Disamping nggak lolos seleksi FTMD ITB hahaha..


Semester pertama jadi maba gue belum merasakan apa bangganya jadi mahasiswa teknik fisika ini, kegiatan gue masih sebatas Kuliah, Pulang, Makan, Main sepeda, jalan-jalan, ibadah dan tidur (mungkin). Untuk urusan organisasi atau UKM gue nggak terlaku aktif di semester ini. Di kelas juga nggak terlalu deket sama penghuni kelas TF 36 03, hanya beberapa orang yang cukup intens ber interaksi itu mungkin juga karena tugas hahaha..

Mata kuliah yang cukup menarik bagi gue saat itu selain Fisika 1 adalah Pengenalan Teknik Fisika, dari mata kuliah itu gue jadi tau bakal jadi apa sih nantinya setelah dari lulus.

Yapss.. semester pertama gue lalui dengan biasa, nggak terlalu istimewa, dan sekedar ala kadarnya. Sampai akhirnya libur semester dan saat pulang rumah gue masih nanya sama mama "Kenapa dulu nggak dibolehin di UGM? siapa yang suruh daftar awalya?" haha..

DULU ( SEMESTER DUA )

Masuk semester dua, sepertinya juga cukup biasa aja nggak ada yang greget, masih jadi mahasiswa kupu-kupu dan kuman-kuman. Nggak jauh beda sama semester satu sampai gue punya pikiran untuk daftar SNMPTN lagi untuk pindah kampus nyebrang ke FTI atau FTMD ITB hehe..


Tetapi karena kurang info gue nggak tau jadwal daftar SNMPTN, akhirnya ya nggak jadi ikut lah. Pada semester dua ini temen-temen kelas udah mulai nimbrung di Lab atau UKM, tapi gue masih asik berkegiatan nyantai jadi mahasiswa teknik fisika hehe..

DULU ( SEMESTER TIGA )

Semester ini mulai banyak mendapat mata kuliah yang cukup absurd, mulai dari Rangkaian Listrik, Matematika rekayasa dengan teori hitungan yang bikin otak ngebul, Termodinamika dimana UTS dan UAS open book tapi nilai setengah aja nggak dapet hahaha.. sampai mekanika fluida yang menyenangkan walau dosen menyebalkan hehe~


Disemester tiga pertanyaan "Kenapa gue musti kuliah disini" sudah mulai terjawab, mungkin dengan mulai ikut UKM Djawa sampai ngerjain Tugas Besar Termodinamika dan Mekanika Fluida.

Selain itu gue juga mencoba daftar asisten Lab. Fisika Dasar dengan tujuan selain memperindah CV juga dapat tambahan duit ya maklum anak kostan yang makan rendang, tomyam, iga bakar setiap hari tapi dalam bentuk mie instan. Tapi Gagal jadi asisten, ceritanya disini >> Tidak Lolos Seleksi Fisika Dasar.

Di semester tiga ini juga merupakan masa transisi dari Institut Teknologi Telkom menjadi Universitas Telkom. Dalam proses transisi ini juga Fakultas Sains yang dulunya berisi Teknik Fisika dan Ilmu Komputasi dipecah, hanya saja masih dalam wacana alias belum terasa.


Perubahan dari ITT menjadi Tel-U juga banyak pro dan kontra, gue termasuk orang yang lebih suka jadi mahasiswa IT Telkom sih hehehe..

Puncak semester tiga terjadi pada saat arak-arakan wisudawan perdana, angkatan 2012 menjadi orang yang mengambil bagian untuk arak-arakan perdana ini, gue bikin stencil radio aktif untuk bendera TF ahay.. cukup bangga lah walaupun nggak banyak orang yang tau haha..

Arak-arakan ini ada kak Riza sebagai orang yang di arak dan kak Ulfa  yang lulus 3.5 tahun, dua orang ini mungkin yang cukup membantu gue dalam hal dapetin buku-buku kuliah sampai akhirnya mereka lulus buku masih gue bawa hahaha..

DULU ( SEMESTER EMPAT )

Mulai semester empat ada satu mata kuliah yang cukup menyenangkan bagi gue, Gambar Instrumen. Mata kuliah ini diajar sama dosen Mekanika Fluida juga di semester tiga, jadi tiba-tiba kuis, tiba-tiba presentasi, tiba-tiba nilai di Nol satu kelas sudah nggak kaget haha..

Mata kuliah Gambar Instumen ini diajarin menggambar alat-alat dalam sebuah rencana suatu proses, misal kilang minyak. Untuk UAS nggak susah soal cuman satu paragraf jawaban disediakan satu lembar A3 bolak balik hahaha..

Di semester 4 ini mulai terasa akibat-akibat perubahan jadi universitas telkom, untuk fakultas juga mulai terasa akibatnya dimana Ilmu komputasi bergabung dengan Fakultas Informatika sedangkan teknik fisika bergabung dengan Fakultas Teknik Elektro. Teknik fisika yang merupakan prodi baru dan numpang mungkin jadi sedikit repot ingin ke admin FTE yang beda gedung, walau nggak jauh-jauh amat haha..

Tapi lah bodo amat wess.. semester 4 ini gue daftar laboratorium riset Otomasi Industri dan lab termodinamika sekaligus, biar nggak cupu-cupu amat dan CV jadi lebih indah, Indah savannah eakkk.. :D


"Hemm.. dulu belum menemukan alasan mengapa gue harus kuliah disini, karena selama 4 semester kuliah di teknik fisika masih serasa sekolah yang kerjaannya kuliah, pulang kosan dan main. Tetapi itu dulu, sekarang berbeda." - Anggitabay


NOWDAYSSEMESTER LIMA )

Ini semester yang cukup cetar bagi gue, dimana selain Lab Otomasi industri dan lab termodinamika gue juga bagian dari HMTF 2014.

Semester lima dibuka dengan acara welcome party angkatan 2014, dalam acara welcome party gue jadi kuncen lab Biomassa mewakili lab riset otomasi industri untuk menjelaskan apa itu lab otomasi industri dan apa itu PLC. 

Masih ingat banget 2 tahun lalu gue jadi mereka yang jadi peserta berkeliling lab, dahulu gue sama sekali nggak tertarik mengikuti welcome party mungkin bisa dibilang cuma asal absen aja. Karena hal itulah gue berusaha membuat maba penasaran dan cukup uwo uwo dengan selentingan 

"Disini mah gampang, pilihannya kalau nggak dikeluarin(DO) ya keluar sendiri (Lulus)"

Alhamdulillah banyak orang tanya tentang isi lab yang penuh tugas akhir senior, sampai disini sepertinya cukup menyenangkan haha..

Semester lima merupakan perdana bagi gue jadi asisten lab, dimana jaga praktikum, tiduran di lab mulai jadi rutinitas, dahulu gue cuman jadi orang yang praktikum sekarang gantian yang mendampingi praktikum hasyek~

Semester lima dengan mulai berjalannya HMTF muncul kegiatan-kegiatan keren di prodi suweg ini. Diawal semester mahasiswa teknik fisika bertransformasi menjadi pejuang PKM untuk pimnas. Hemm.. sepertinya tahun sebelumnya nggak terlalu heboh seperti ini. 

Selain itu ada KALIBRASI yang merupakan ospek teknik fisika, ospek bukan perpeloncoan melainkan kegiatan pengakraban, pelatihan dan mentan huahaha.. Setelah ospek dilajutkan dengan acara bedah riset-riset teknik fisika dengan para dosen, acara ini keren abis pas jaman gue dulu nggak ada acara semacam ini, mungkin hanya sekali seminar sewaktu acara FKMTF seluruh indonesia.

Setelah bedah riset ada acara LotarTF yang merupakan lomba tugas-tugas besar dari mahasiswa teknik fisika, mulai dari lomba bikin kapal pop-pop, pesawat plastik, flow meter, anemometer sampai wall tracker untuk mata kuliah Sistem Kontrol Cerdas.

Tugas besar yang seabrek sudah hal biasa buat mahasiswa teknik fisika disini, kerja sampai larut pagi, tidur di lab, tidur di kosan temen, nggak mandi seharian sudah menjadi rutinitas akibat tugas besar. Hal ini bukan sebuah pekerjaan berat tanpa makna, melainkan cara terselubung untuk mengakrabkan seluruh mahasiswa. 

"Buat adek-adek dan teman-teman percayalah kalian akan merindukan tugas besar pada saatnya :))"

LotarTF ditutup dengan acara penerbangan lampion oleh angkatan 2014, gue melihat banyak yang berpelukan dengan temen sekelompok setelah lampion berhasil terbang, yapp.. mereka juga mulai terbiasa seharian mengerjakan tugas besar walaupun masih sebatas membuat lampion. Dari jauh gue melihat beberapa orang yang nangis terharu, mungkin sih haha.. gue sepontan terbawa suasana terus monolog dalam hati khas FTV masa kini.. 

"Keren sekali teknik fisika sekarang"

ya monolog, coba gue punya gebetan kan bisa sambil sayang-sayangan huahahaha.. acara LotarTF diakhiri dengan foto bareng-bareng~

Mungkin prodi tetangga yang satu fakultas dalam FTE jarang sekali mendapat tugas besar, bagi kami mahasiswa teknik fisika tugas besar sudah menjadi budaya. 

Selesai acara LotarTF masih ada acara keren lagi, yaitu pelatihan dari ristek HMTF ada pelatihan eagle, matlab, arduino dan PLC. Gue sendiri jadi peserta arduino walau musti bayar 300 rebu padahal uang segitu bisa buat makan sampai beberapa minggu. Gue juga sebagai trainner untuk pelatihan PLC, mayan memperindah CV lagi lah sebagai trainner PLC huehehe..

Semester lima ini gue mulai jadi orang yang sok peduli sama kampus dengan datang rapat-rapat, ya akibat resiko jadi orang himpunan haha.. Setelah Lotar TF ada event arak-arakan yang ke dua.

Arak-arakan Teknik Fisika Universitas Telkom
Arak-arakan Teknik Fisika Universitas Telkom


Sampai akhirnya ada SENSITIF 2014 yang merupakan kegiatan makrab all angkatan teknik fisika, makrab di TF full senang-senang tanpa bentak bentak haha..

Selesai makrab langsung dihadapkan dengan UAS sebagai penutup semester ini. Dan hari ini 22 Desember 2014 pertanyaan gue selama ini soal akreditasi terbaru teknik fisika terjawab dengan sebuah status dari mantan kaprodi teknik fisika Pak Indra yang sedang kuliah di Japan.

Akreditasi teknik fisika universitas telkom
Akreditasi teknik fisika universitas telkom

Masih ingat dulu saat masih sma sebelum menentukan pilihan daftar ulang di teknik fisika it telkom gue sangat rajin mencari info soal akreditasi dan pengaruh akreditasi terhadap lulusan. Sekarang sangat bangga target teknik fisika tahun ini memang mendapat B, tetapi ternyata nilai kurang 8 poin lagi menuju A. Suweg lah yaw~

TETAPI.....

Dibalik perubahan teknik fisika yang gue rasakan sekarang ada sedikit hambatan dari petinggi-petinggi fakultas, okay ini sudut pandang gue, jadi kalau subjektif ya maaf.

Dengan bergabungnya teknik fisika ke FTE membuat mahasiswa kesulitan dalam hal pendanaan, mungkin banyak dialami oleh teman-teman yang mau mengikuti lomba, berbeda saat masih di fakultas sains dulu hehehe..

Banyak aturan-aturan annoying bermunculan. Arak-arakan sempat dilarang dengan keluarnya surat dari petinggi fakultas dengan alasan mengganggu ketertiban, tapi arak-arakan tetap berjalan seperti biasa hahha.. Aturan absurd terbaru adalah adanya jam malam di gedung-gedung fakultas, dimana jam mulai 22.00-22.30 gedung FTE harus kosong dan daya listrik mati, kacrut...

Bagaimana nasib mahasiswa yang riset dan mengerjakan TA di lab kampus? kalau siang kuliah jadi malam belajar di lab, apa fakultas mau menghemat listrik? padahal mahasiswa bayar mahal. Jawabannya "BODO" Aturan annoying sudah pasti banyak ditentang mahasiswa yang di kampus sampai malam mengerjakan tugas hehehe..

Prodi teknik fisika sekarang beda, gue rasa semua mahasiswa disini mulai banyak yang merasakan cinta prodi hahaha.. banyak mucul hashtag gokil seperti #TFkanTFE yang di cetuskan oleh salah satu dosen hehehe.. kerenlah yaw..

Okelahhh.. sekian dulu cerita gue soal teknik fisika universitas telkom, ini semua dari sudut pandang gue sendiri jadi kalau subjektif ya maaf hehehe..

Ada cerita dengan pengalaman kuliah atau sekolahmu? tulis di comment box coy...

You Might Also Like

20 Komentar

  1. Apaan jam 22.00 masuk jam malem.. Kampus saya mah jam 5 sore aja udah kosong :[
    Pantesan betah amat ga pernah keluar daerah fakultas teknik :p
    Satu hal yang pengen saya tanya..
    Seangkatan berapa orang? :')

    BalasHapus
  2. yaaah, begitulah ya, ternyata mas kuliah. serem serem, asik gimana gitu. Yang bikin serem itu jurusan yang ada fisikanya, dari namanya kayaknya udah bikin otak ngebul kayak yang mas ceritain di semester 3, :D

    BalasHapus
  3. mas, maaf kalau rada gak nyambung sama topik.
    aku kelas 12, dan mau ngambil fisika teknik jalur SNMPTN. dan bingung banget mau pilih fisika teknik UGM apa ITS. mungkin ada yang bisa kasih pencerahan dari sisi apa saja (hidup, tugas, sarana)? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pencerahan mah sama tuhan aje hehehe

      Hapus
  4. dari tahun ke tahun memang suka beda

    BalasHapus
  5. Wah anak ITT. Setuju deh mas, makin kesini emang berasa makin sibuk ya. Kemaren juga sempet dihasut sama senior-senior katanya nanti makin tinggi semesternya makin berasa tujuan kuliah disitunya. Hehe. Anyway baru pertama kali kesini nih. Salam kenal. :)

    BalasHapus
  6. suka duka kehidupan anak kuliah, berat saat dijalani, bikin senyum saat dikenang, ogah banget kalu disuruh ngejalanin lagi
    http://herbalkistadanmiom.com/

    BalasHapus
  7. Sejauh ini masalah kuliah paling ribet yang gue temuin ya soal dosen pekok sama yang paling parah "transisi kurikulum". Dari mulai siakad yang pindah dan malah bubar nilai KHS-nya, sampai perkara-perkara sistematis soal mata kuliah karena efek transisi kurikulum 2013 ini. Lemes.

    BalasHapus
  8. Gak tau kenapa, tapi dalam mindset aku udah tertanam kalau: Anak Teknik Itu Keren! :D

    BalasHapus
  9. SELAMAT MALAM PERKENALKAN NAMA SAYA CEVIN. Dan pada hari ini saya akan memperkenalkan Blog saya yang bernama Gamecev. http://gamecev.blogspot.com/, disini anda bisa mendapatkan informasi menarik tentang game maupun dunia luar. Saya bisa sebutkan beberapa Program di Gamecev :
    - Gamingnews : disini saya akan memberikan informasi menarik tentang game tiap minggunya
    - Curhat about game : ini akan berisi curhat saya tentang game – game yang sering saya mainkan waktu malam minggu, dan pastinya akan sangatlah menghibur
    - Gamecev Type : nah disini saya akan membahas tentang tipe – tipe game yang menarik untuk di baca
    - Video game versus : ini akan ngasih perbandingan tentang hal – hal yang berhubungan dengan game

    Ok itu aja yang mau disampaikan jangan lupa buka Gamecev.blogspot.com

    BalasHapus
  10. saya anak maba tekfis tel u thun ini. mw tnya soal buku" pegangan anak tekfis tel u apa aja ya untuk semester" awal? soalnya tak cari buku panduan nya tidak ada di internet. kalo ada referensi" juga . mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah angkatan baru? kalau awal mah masih PPDU :3

      Hapus
  11. -Dulu punya obsesi juga buat masuk PTN semacam ITB,UI,dan IPB.
    -Lulus UTG1 Telkom di Teknik Informatika, pilihan yang didukung orangtua mengerucut menjadi ITB aja. Pokoknya kalau gak ITB ya Telkom.
    -Sebelum keterima UTG1 Telkom, saya dapet slot 10 pendaftar dari sekolah untuk mendaftar di UI jalur PPKB, setelah keterima di UTG1, dengan mudahnya saya disuruh membatalkan pendaftaran itu.
    -SNMPTN saya ambil STEI ITB dan FITB ITB, dan gagal.
    -SBMPTN saya ambil pilihan yang sama, ditambah pilihan 3 di Teknik Geologi Unpad, orangtua saya bilang kalau dapetnya gak ITB, mending Telkom aja.

    Dan saya sekarang memulai juga jadi maba Teknik Informatika Telkom University angkatan 2015, dan ekspetasi saya tentang Telkom: keren banget. Apalagi pas saya ikutan arak-arakan wisuda kemarin. Semoga bisa ngasih kontribusi buat HIMAIF Telkom University dan Kampus tercinta ini nanti. :)

    BalasHapus
  12. Kak mau nanya tentang gladi ni... Itu ngambil sks nya saat awal semester 4 bukan? Kaka ambil gladi dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha ada anak predict. ambil di telkom aja selow :D tapi kalau pengen seru cari yang keren sekalian, misal pertamina atau apalah bebas :D

      Hapus
  13. kak jadi anak Teknik Fisika itu susah nggak ? dosennya pada killer nggak ?sama satu lagi kepala sering pusing nggak wkwkwkwk... sekian terimakasih

    (mohon dijawab ya kak soalnya saya mau masuk teknik fisika Telkom University)

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknik fisika mah pokoknya gak bakal salah pilih kalau kita bisa mengikuti dengan asik dan menikmati. :D

      Hapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))