JOGJA ISTIMEWA: Tiga Hari cuman Kerasa Sehari, PLTH dan Tugu

3/24/2015

"Wasemm.." itu kata yang pertama kali gue ucapin saat pertama kali lihat blog sendiri setelah sekian lamaaa aku menunggu kedatanganmu nggak posting yang berakibat rank alexa turun. Psstt.. dulu ngeblog asik bener sampai alexa diangka ratusan ribu Worldwide haha..

Seperti biasa, kan buat posting biar panjang musti ada beberapa paragraf yang kurang penting buat dibaca. Selain buat menuh-menuhin posting juga untuk mengasah kelincahan tangan yang udah lama nggak nulis di blog ini. 

...

Dulu, sewaktu SMA pada lomba-lomba di type racer buat ngetes mana yang ngetiknya lebih jago. Gue ikutan dong dan ternyata paling cupu, mungkin akibat gue nggak biasa ngetik cepat atau bikin makalah proposal dan semacamnya. Nah gara-gara ngeblog gue jadi meningkat 3x skill dalam hal menulis, dulu saat SMA kalau ada tugas bikin karangan cerita gue bisa ngerjainnya seminggu, bikin makalah ngerjainnya musti berhari-hari.

Sekarang akibat ngeblog dan banyak tugas-tugas kampus berakibat pada skill ngarang dan nulis meningkat drastis, terima kasih blogku sayang psstt blogku malang wkwk..

Mau janji rajin nulis lagi, emmm.. tapi ntar dosa kalau nggak ditepatin, karena gue juga punya project 365 doodles di instagram gue @anggitabay hehehe 

Ehh.. kan judulnya jogja istimewa, kok malah curhat kagak jelas? wait..wait.. persiapan dulu gue mau streching otak dan tangan biar nulis lancar, selancar PDKT sama kamu mbak *amin huehehe..

...

Jadi ceritanya gue abis balik dari Yogyakarta, kenapa nggak gue tulis jogja? karena gue ke bantul juga makannya nggak enak kalau cuman di tulis Jogja hehe

Semester ini gue ada mata kuliah Teknik Konversi Energi, dari nama aja udah kebaca kan tentang mengkonversi energi atau gampangnya mengubah energi. Seperti hukum kekekalan energi dimana "energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan hanya dapat berubah bentuk" maka konversi energi adalah mengubah suatu bentuk energi ke bentuk lain, misal dari panas jadi listrik, air jadi listrik, angin jadi listrik, mantan jadi temenan GITUH...

Selfie bakpia Djava | Anggitabay
Ikut selfie pakai tongsis. Otong narsis

Psstt.. gue baru sadar itu semua ceweknya berkerudung hahaha..

Nah.. Kemarin ( 20-22 Maret 2015 ) yang seharusnya jadwalnya liburan dan bisa backpacking, tapi diubah menjadi kunjungan industri ke PLTH Kabupatan Bantul Yogyakarta. Tau kagak apa itu PLTH? gue kira H disitu Hidro atau Hantu karena belum pernah dengar sebelumnya, setelah browsing ternyata unsur H di PLTH adalah Hibrid,

Jadi PLTH merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid, Hibrid disini gabungan dari Solar panel sama turbin angin. Psstt.. gue juga lagi mengerjakan proyek PKM membuat turbin angin dengan konsep difuser. Hemm.. sepertinya nggak perlu dijelasin ntar lama dan nggak paham juga yoilah..

Gue berangkat dari kampus gue di bandung coret hari jumat malem jam 7.30 naik bus yang sempit, tapi nikmatin ajalah banyak temen ngobrol juga walaupun badan sakit tapi tetep asik sippp...
Singkat cerita gue masuk DIY pagi sekitar jam 7 pagi, lanjut mandi dan ganti baju seragam karena itu adalah sebuah kawajiban ( katanya ). Sekitar jam 10 sudah sampai PLTH Pandansimo kabupaten Bantul.

...

Di PLTH ada apa? Ada turbin angin, solar panel, biogas plan, dan pantai... berhubung gue mengerjakan PKM turbin angin juga dan rencana Tugas Akhir ( semacam skripsi ) semester depan juga, maka gue nggak mau melewatkan kesempatan Kepo sehat bermanfaat buat cari ilmu sebanyak-banyaknya dengan waktu yang singkat sokiye banget..

Wind Turbine at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay
Wind Turbine at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay

Solar Panel at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay
Solar Panel at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay

Dari PLTH ini gue jadi paham basic membangun sistem grid untuk Turbin Angin, mulai dari blade, generator, controller, baterai dan transmisi. Untuk detailnya ntar gue certiain di lain kesempatan soalnya lumayan juga berguna bagi adik kelas dan calon adik kelas yang mau masuk Teknik Fisika. Psstt.. katanya sih blog gue cukup terkenal sama calon maba teknik fisika yang mau masuk apalagi Teknik Fisika Universitas Telkom ( dulunya Institut Teknologi Telkom ). Sip lah..

Inverter room at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay
Inverter room at PLTH Pandansimo Kab. Bantul Indonesia | Anggitabay

Inverter itu gunanya buat mengubah tegangan DC dari baterai menjadi AC sinus untuk digunakan pada peralatan elektronik yang ada sekarang, tau bedanya AC dan DC? Bukan nama band loh ya, bagus..

Gimana masih kuat baca? Kalau masih mari lanjut bagian jalan-jalannya hehe...

...

Jogja, mungkin untuk jalan-jalan di kota ini gue udah cukup sering walau belum semua dikunjungin, Ambarukmo Plazza? gue belum pernah kesana.. Pantai-pantai baru disana? belum pernah... Kali biru? belum juga.. Taman sari? gue juga belum pernah... dari SMA main ke jogja nggak ribet, pernah bosen dikosan langsung masukin baju ke tas lanjut cari tiket kereta ke jogja. Gampang..

Beberapa semester ini kalau balik dari Bandung atau balik dari Ngawi ke Bandung gue sering transit di Jogja.. untungnya ada temen yang baik banget sama gue mau nemenin kesana kemari. Walaupun jomblo tetep bisa asik kan yoyoi..

Jadi kemarin sehabis kunjungan ke PLTH Pandansimo langsung agenda selanjutnya jalan-jalan di jogja kota. Kondisi malam minggu jogja sangat macet apalagi liburan nyepi juga sampai akhirnya bus rombongan parkir di Jl.RE.Martadinata sekitar 2-3 Km dari malioboro. Shit!

Sampai disana gue langsung jalan cepet mengarah ke malioboro jalan kaki, pisah dari rombongan karena udah di tunggu Amel si partner in crime' dari SMA haha..

Ketemu disana gue langsung minta ke tempat makan, karena lapar... makan dimana? Ayam penyet surabaya... heran gue, lagi di jogja malah diajak makan ke ayam penyet surabaya, dasar cewek nggak peka. Pantes jomblo~

Crezno sticker at Ayam penyet surabaya, YK | anggitabay
Crezno sticker at Ayam penyet surabaya, YK | anggitabay


Abis makan lanjut cari cafe buat nongkrong dan ngobrol biar nggak kangen, kebetulan grimis kecil jadi pas banget to? yoilah wkwkwk..

Akhirnya memutuskan ke inDie_coloGy cafe di daerah Sagan Jogja, tepatnya di jalan CandraKirana no. 14, Sagan. Tempatnya di rumah Belanda jaman dulu dengan suasana dalem nyaman dan meja cukup luas dengan kayu vintage, kesan retro dan cozy ditambah harga makanan dan minuman yang bersahabat banget sama dompet!. 

Selain cafe disana juga ada butik cocok buat belanjain gebetan, kalau punya. Mau kesana? cek aja @new_indiecology Keren lah.

inDie_coloGy Cafe Jogja | taken from forsquare
inDie_coloGy Cafe Jogja | taken from forsquare

Disini gue pesen minuman Coklat Blend sama pisang goreng madu. *udah kenyang jadi pesennya dikit.. disini gue banyak ngobrol sama si partner karena ketemu paling se semester sekali doang haha.. gambar sana sini untuk project 365 doodles mumpung tempatnya keren dan suasananya mendukung banget. Psstt.. malem minggu gue nggak jones juga. Yey.

Mbak Unyu Ngets page 49 of 365 | anggitabay
Mbak Unyu Ngets page 49 of 365 | anggitabay

IndieCology cafe YK page 50 of 365 | anggitabay
IndieCology cafe YK page 50 of 365 | anggitabay
Ini gue bikin typography taunya typo beneran.. syitt.. mana si doi nggak ngingetin, senyum doang diem diem sialan emang...

Amel widowati page 51 of 365 | Amelia
Amel widowati page 51 of 365 | Amelia
Ini gambar special, si doi ikutan ngisi sketchbook, setelah waktu tahun baru lalu gue lomba nulis pakai tangan kiri di Blackbone cafe jogja, kali ini dia ikutan nulis haha.. Btw, ngapain ada love you nyah..

Abis dari inDie_coloGy gue langsung menuju bus yang parkir di Jl.RE.Martadinata, dan malam itu juga langsung menuju Bandung lagi, yapss.. di bus perjalanan ber puluh-puluh jam di jogja dan ketemu si embak suman beberapa jam.. syit abis.

Okelah, jogja emang istimewa sering dikunjungin tapi nggak ada bosennya.. kalau di jogja sama Amel mulu tapi nggak ada bosennya.. setelah liburan singkat lanjut lagi dengan jadwal kuliah, tugas besar dan proyek PKM yang bikin mata bintitan dan lupa cara bersenang-senang haha..

Pssttt.. ada cerita asik tentang Jogja? tulis di komentar yoih!

You Might Also Like

23 Komentar

  1. Udah 2 tahun aku di Jogja, baru tahu kalo ada PLTH di Bantul, aku juga ada minat ke bidang energi gitu, tapi aku lebih minat ke sumber energi panas bumi atau biomassa,

    kamu dari jurusan teknik fisika ya ?, kalo aku dari jurusan teknik kimia, agak mirip yah,.. ya sama-sama teknik,hehehe

    salam kenal ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yott... di sana ada biomassa juga.. lupa nggak disebutin wkwkw.. yaps, belajar proses, P&ID juga lah ya? sama kok :v

      Hapus
  2. Cuma mau nanya, itu foto2nya emang begitu? Atau kepotong? ._.v

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya mah langsung upload tanpa edit. kecuali foto yg diambil dari instagram gue :D

      Hapus
  3. Ahhh... kamfrettt keren abis nih kayaknya kafe inDie_coloGy. kemarin pas kesana gak sempat kesana, entah temen gue gak tau atau apa huhuuuu

    kok gak di foto bang suasana cafe nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ah, ntar jadi ketauan sama siapa malem minggunya *ett hahaha

      Hapus
  4. Aku gak kuat baca di paragraf awal, gagal paham.
    Masih SMA kelas 2, otak gue gak nyampe :/

    BalasHapus
  5. Gue kira PLTH : Pembangkit Listrik Tenaga Hair. Ternyata tebakan gue salah. Yaudah lah ya.

    Btw suasana di dalam cafenya kenapa gak sekalian di foto aja bay? Itu tempat kelihatannya cihuy sih. Hahaha. Apalagi ditambah spotnya yang berada di Jogja, beh itu cafe harga makanannya pasti bakalan kekeluargaan bgt. Hehehe....

    BalasHapus
  6. haduh postingannya panjang sekali,hehe gak baca semua matanya keburu lelah,,hehe tapi lumayan ya dapat ilmu baru tentang PLTH ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sambung,kali ini bacanya sampai beres mas,hehe
      Alhamdulillah ya :)

      Hapus
  7. widih teknik fisika wkwk ketje deh

    BalasHapus
  8. Besok ke Jogja lagi... hehehe

    BalasHapus
  9. emang ngangenin kota gudeg ini ^^

    BalasHapus
  10. menarik bro paling menarik itu menu cafenya kok ga d tampilkan juga :D skalian harga menunya :D

    BalasHapus
  11. http://www.wisataterpopuler.com/

    BalasHapus
  12. ohh di indo udah ada yang pake solar panel buat pembangkit tenaga listrik??? itu buat konsumsi publik apa cuma prototype???

    Cari Duit dari Hobi Bola yuk

    BalasHapus
  13. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    BalasHapus
  14. Memang kalau lagi kegiatan yang seru pasti waktu terasa sangat singkat

    BalasHapus

"Baca tanpa komentar itu kurang lengkap seperti hati orang jomblo" :p

Jadi berkomentarlah bebas, Kritik dan saran sangat diperlukan. Asal gak SARA dan jangan ANONIM yak, nggak usah ngasih link blog, pasti dibuka kok blog kamu :))